Pengembangan media pocket book digital berbasis inkuiri (pbbi) pada materi perkembangbiakan tumbuhan terhadap siswa kelas vi sd

Ariyanto, Heru (2022) Pengembangan media pocket book digital berbasis inkuiri (pbbi) pada materi perkembangbiakan tumbuhan terhadap siswa kelas vi sd. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (698kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media, mengetahui kelayakan dan efektivitas pocket book digital berbasis inkuiri dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan metode pengembangan model Sugiyono. Menurut Sugiyono (2015:298) penelitian dan pengembangan terdiri dari 10 langkah sebagai yakni; 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi desain, 6) Uji coba produk, 7) Revisi produk, 8) Uji coba pemakaian, 9) Revisi produk, dan (10) Produksi masal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, wawancara, dan angket. Sedangkan data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif meliputi observasi pembelajaran, validasi produk, dan minat belajar siswa. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas VI dan guru SD di Kecamatan Toroh Kabupeten Grobogan. Desain pengembangan pocket book digital berbasis inkuiri yang telah dikembangkan peneliti terdiri atas 3 bagian yakni perencanaan, proses dan isi. Kelayakan produk dilihat dari hasil validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Dari proses validasi ahli materi diperoleh hasil rata-rata 3,47 pesentase 86,75% dengan kategori sangat layak, validasi ahli media memperoleh hasil rata-rata 3,83 persentase 95,75% dengan kategori sangat layak, dan validasi ahli bahasa memperoleh hasil rata-rata 3,45 persentase 86,25% dengan kategori sangat layak. Selanjutnya produk yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa yang mencapai tingkat ketuntasan 99% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil validasi dan dikuatkan dengan hasil belajar siswa maka pocket book digital berbasis inkuiri ini efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas VI di Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Erik Aditia Ismaya, MA
Kata Kunci: Pocket book, pendekatan inkuiri, literasi sains siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 06:30
Last Modified: 23 Mar 2022 06:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16073

Actions (login required)

View Item View Item