Kusumawati, Eni (2022) Pengembangan e-book sac berbasis ethnoscience untuk meningkatkan literasi sains tema 6 siswa kelas v sd mranggen demak. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (492kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (963kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (535kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (335kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kebutuhan, desain, kelayakan dan efektifitas pengembangan E-book SAC berbasis ethnoscience untuk meningkatkan literasi sains pada mata pelajaran IPA tema 6 siswa kelas V SD Mranggen Demak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model dari Borg & Gall, terdiri dari 10 tahapan yang disederhanakan dalam empat tahap yaitu tahap pendahuluan, pengembangan dan validasi, uji lapangan dan desiminasi. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket berupa angket kebutuhan dan lembar validasi ahli, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru yang berjumlah 7 guru dan siswa yang berjumlah 45 siswa kelas V SD kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis e-book SAC yang dibutuhkan ialah buku digital yang bersifat inetraktif, komunikatif dan membantu siswa mempelajari materi dengan mudah, karena e-book SAC yang dikembangkan dilengkapi foto dan video yang relevan dengan kehidupan sehari-hari sebagai materi yang dipelajari siswa. Desain pengembangan e-book berbasis ethnoscience dengan menggunakan aplikasi Smart Apps Creator (SAC) dengan bantuan software Swishmax untuk membuat desain dan animasi interaktif. Berdasarkan analisis kelayakan model e-book SAC yang dikembangkan dikatakan layak karena hasil validasi ahli materi dan ahli media rata-rata penilaian atau rerata indikator 7,3% atau sama dengan 91,6. Hasil analisis keefektifan model e-book SAC berbasis ethnoscience adalah efektif untuk meningkatkan lietrasi sains. Pernyataan tersebut didasarkan pada hasil analisis N-Gain, dan pengujian t hitung atau t-test, pada kelompok eksperimen 1, 2 dan 3 dengan nilai rata-rata peningkatan literasi sains pada siswa kelas V mendapatkan nilai rata-rata 70,73 melebihi nilai KKM yang ditetapkan 65. Simpulan dalam penelitian ini ialah bahwa pengembangan e-book SAC berbasis ethnoscience dibutuhkan, layak dan efektif sesuai dengan desain e-book SAC yang relevan dengan kebutuhan guru dan siswa. Dari simpulan tersebut maka disarankan untuk meningkatkan literasi sains siswa guru dapat menggunakan e-book SAC berbasis ethnoscience baik untuk pembelajaran daring maupun off line.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | I,) Dr. Santoso, M.Pd, Pembimbing II,) Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd |
Kata Kunci: | E-book, Ethnoscience, Literasi sains |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 06:41 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 06:41 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16074 |
Actions (login required)
View Item |