Pengaruh problem based learning dan project basd learning terhadap kepekaan sosial dan aktivitas lisan siswa kelas iv sekolah dasar di gugus karang kusuma mranggen demak

Yudhistira, Awang (2022) Pengaruh problem based learning dan project basd learning terhadap kepekaan sosial dan aktivitas lisan siswa kelas iv sekolah dasar di gugus karang kusuma mranggen demak. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
1. HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (758kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (853kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (580kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstrak

Kemajuan teknologi membawa dampak yang besar bagi kehidupan siswa. Segala kemudahan yang didapat bukan tanpa efek samping. Sebagian besar siswa yang terbiasa dengan gadget seperti smartphone mengalami beberapa perubahan yang tidak diinginkan. Berkurangnya interaksi secara langsung dengan lingkungan membuat kepekaan sosial siswa saat ini berkurang. Ketika pembelajaran pun mereka cenderung pasif karena kebiasaan tersebut. Maka dari itu dibutuhkan inovasi dalam pembelajaran untuk memperbaiki keadaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menganalisis pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Aktivitas Lisan, (2) menganalisis pengaruh Project Based Learning (PjBL) terhadap Aktivitas Lisan, (3) menganalisis pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Kepekaan Sosial, ( 4) menganalisis pengaruh Project Based Learning (PjBL) terhadap Kepekaan Sosial pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Gugus Karangkusuma Mranggen Demak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Untuk validitas data digunakan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan homogenitas. Sedangkan uji hipotesis terdiri dari uji t dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat pengaruh PBL terhadap Aktivitas Lisan Siswa Kelas IV SD. Dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed)= 0,000<0,05 dan t hitung = 7,735>2,00856 (t tabel). (2) Terdapat pengaruh PjBL terhadap Aktivitas Lisan Siswa Kelas IV SD. Dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed)= 0,000<0,05 dan t hitung = 7,450>2,00856 (t tabel). (3) Terdapat pengaruh PBL terhadap Kepekaan Sosial Siswa Kelas IV SD. Dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed)= 0,000<0,05 dan t hitung = 7,456>2,01290 (t tabel) (4) Terdapat pengaruh PjBL terhadap Kepekaan Sosial Siswa Kelas IV SD. Dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed)= 0,000<0,05 dan t hitung = 7,453>2,01808 (t tabel). Kesimpulan menunjukkan terdapat pengaruh Model PBL dan PjBL terhadap Kepekaan Sosial dan Aktivitas Lisan Siswa Kelas IV SD di Gugus Karang Kusuma Mranggen Demak. Karena itu disarankan penggunakan model pembelajaran ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Pembimbing (1): Dr. Rismiyanto, M. Pd. Pembimbing (2): Dr. Santoso, M. Pd.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Project Based Learning, Kepekaan Sosial, Aktivitas Lisan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 06:52
Last Modified: 23 Mar 2022 06:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16075

Actions (login required)

View Item View Item