Yudhistira, Awang (2022) Pengaruh problem based learning dan project basd learning terhadap kepekaan sosial dan aktivitas lisan siswa kelas iv sekolah dasar di gugus karang kusuma mranggen demak. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
1. HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
2. BAB I.pdf - Published Version Download (498kB) | Preview |
Text (Bab 2)
3. BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (563kB) |
|
Text (Bab 3)
4. BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (758kB) |
|
Text (Bab 4)
5. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (853kB) |
|
Text (Bab 5)
6. BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (360kB) |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (580kB) | Preview |
Text (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstrak
Kemajuan teknologi membawa dampak yang besar bagi kehidupan siswa. Segala kemudahan yang didapat bukan tanpa efek samping. Sebagian besar siswa yang terbiasa dengan gadget seperti smartphone mengalami beberapa perubahan yang tidak diinginkan. Berkurangnya interaksi secara langsung dengan lingkungan membuat kepekaan sosial siswa saat ini berkurang. Ketika pembelajaran pun mereka cenderung pasif karena kebiasaan tersebut. Maka dari itu dibutuhkan inovasi dalam pembelajaran untuk memperbaiki keadaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menganalisis pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Aktivitas Lisan, (2) menganalisis pengaruh Project Based Learning (PjBL) terhadap Aktivitas Lisan, (3) menganalisis pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Kepekaan Sosial, ( 4) menganalisis pengaruh Project Based Learning (PjBL) terhadap Kepekaan Sosial pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Gugus Karangkusuma Mranggen Demak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Untuk validitas data digunakan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan homogenitas. Sedangkan uji hipotesis terdiri dari uji t dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat pengaruh PBL terhadap Aktivitas Lisan Siswa Kelas IV SD. Dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed)= 0,000<0,05 dan t hitung = 7,735>2,00856 (t tabel). (2) Terdapat pengaruh PjBL terhadap Aktivitas Lisan Siswa Kelas IV SD. Dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed)= 0,000<0,05 dan t hitung = 7,450>2,00856 (t tabel). (3) Terdapat pengaruh PBL terhadap Kepekaan Sosial Siswa Kelas IV SD. Dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed)= 0,000<0,05 dan t hitung = 7,456>2,01290 (t tabel) (4) Terdapat pengaruh PjBL terhadap Kepekaan Sosial Siswa Kelas IV SD. Dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed)= 0,000<0,05 dan t hitung = 7,453>2,01808 (t tabel). Kesimpulan menunjukkan terdapat pengaruh Model PBL dan PjBL terhadap Kepekaan Sosial dan Aktivitas Lisan Siswa Kelas IV SD di Gugus Karang Kusuma Mranggen Demak. Karena itu disarankan penggunakan model pembelajaran ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing (1): Dr. Rismiyanto, M. Pd. Pembimbing (2): Dr. Santoso, M. Pd. |
Kata Kunci: | Problem Based Learning, Project Based Learning, Kepekaan Sosial, Aktivitas Lisan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 06:52 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 06:52 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16075 |
Actions (login required)
View Item |