Azizah, Shofwati (2022) Pengembangan media interaktif game edukasi 2d untuk meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara anak tk di kabupaten jepara. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (330kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (312kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (334kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (519kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (464kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (271kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Kemampuan menyimak dan berbicara perlu dikembangkan dalam diri anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan, desain, kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran interaktif Game Edukasi 2 Dimensi untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran pada Taman Kanak-kanak di Kabupaten Jepara. Metode penelitian menggunakan Research and Development diadopsi dari Borg dan Gall dengan tiga tahapan yang disederhanakan yaitu pendahuluan, pengembangan, dan uji efektivitas. Teknik pengambilan data melalui observasi, angket dan dokumentasi. Keefektifan bahan ajar diperoleh dari skor pretest dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil uji coba, media pembelajaran interaktif Game Edukasi 2 Dimensi dinyatakan valid, efektif dan dapat diterapkan dalam pembelajaran. Hasil uji validasi dari ahli materi dan media menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif Game Edukasi 2 Dimensi dinyatakan sangat baik. Hal ini diketahui dari skor validasi ahli materi sebesar 88,6% dan ahli media sebesar 90,3%, sehingga media ajar dinyatakan layak digunakan. Pada uji efektivitas media, diketahui skor kemampuan menyimak dan berbicara siswa kelompok eksperimen (70%) lebih tinggi dibanding kelompok kontrol (53%). Hasil uji beda menunjukkan rata-rata kemampuan menyimak dan berbicara siswa kelompok eksperimen berbeda secara signifikan dengan kelompok kontrol (p=0,000). Siswa memiliki minat belajar yang tinggi dengan menggunakan Media pembelajaran interaktif Game Edukasi 2 Dimensi. Hal ini terlihat dari skor minat siswa sebesar 78,6% atau termasuk pada kategori minat tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Media pembelajaran interaktif Game Edukasi 2 Dimensi cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara pada Taman Kanak-kanak di Kabupaten Jepara..
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | I) Dr. M.Widjanarko, M.SI Pembimbing II) Dr. Eko Darmanto, M. Cs. |
Kata Kunci: | Media Pembelajaran Daring, Game Edukasi 2D, Anak Usia Dini |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan anak usia dini Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 06:58 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 06:58 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16076 |
Actions (login required)
View Item |