Diajukan kepada universitas muria kudus untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam memperoleh gelar magister pendidikan dasar program studi magister pendidikan dasar

Sulaedah, Siti (2022) Diajukan kepada universitas muria kudus untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam memperoleh gelar magister pendidikan dasar program studi magister pendidikan dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran IPS. Hal tersebut disebabkan karena minimnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan guru saat pembelajaran, kurangnya antusias siswa terhadap materi yang banyak hafalan, dan guru belum mengembangkan media pembelajaran yang membangkitkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan menggali kebutuhan guru dan siswa terhadap media pembelajaran smart box of ASEAN untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD dalam pembelajaran IPS, mendesain pengembangan media pembelajaran smart box of ASEAN untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD dalam pembelajaran IPS, menganalisis validitas media pembelajaran smart box of ASEAN untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD dalam pembelajaran IPS, dan menganalisis efektivitas media pembelajaran smart box of ASEAN untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD dalam pembelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Research and Development (R&D) menurut Sugiyono terdiri dari tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan uji pemakaian. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri di Gugus Sultan Agung. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan validitas produk, analisis data awal dan akhir (uji t dan uji N-gain). Hasil penelitian menunjukkan media yang dikembangkan dapat memotivasi siswa untuk belajar dan menciptakan suasana pembelajaran IPS yang menyenangkan. Media smart box of ASEAN valid digunakan, terbukti dengan memperoleh penilaian dari ahli materi sebesar 81,25% dan dari ahli media sebesar 80,56%. Media smart box of ASEAN efektif digunakan, dengan hasil uji t pada uji coba produk terbatas diperoleh t hitung>t tabel (11,662>2,201) dan uji pemakaian menunjukkan t hitung>t tabel (6,076>2,005), pada uji coba produk terbatas diperoleh N Gain sebesar 0,56, uji pemakaian diperoleh N Gain sebesar 0,58, keduanya memenuhi kriteria sedang mendukung keefektifan media pembelajaran. Simpulan penelitian adalah media pembelajaran smart box of ASEAN valid digunakan dan efektif meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Saran yang dapat disampaikan yaitu media dengan konsep explosion box dapat digunakan sebagai media pembelajaran di kelas VI SD, dan dalam mengembangkan media pembelajaran, sebaiknya memperhatikan kebutuhan dan permasalahan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1.Dr. Slamet Utomo, M.Pd 2.Dr. Erik Aditia Ismaya, M.A
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Smart Box of ASEAN, dan Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 07:32
Last Modified: 23 Mar 2022 07:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16078

Actions (login required)

View Item View Item