Pengembangan e-modul sistem peredaran darah manusia berbasis saintifik berbantuan flip pdf professional untuk peningkatan pemahaman konsep siswa kelas v sd

BUDIHARTI, ATIK (2022) Pengembangan e-modul sistem peredaran darah manusia berbasis saintifik berbantuan flip pdf professional untuk peningkatan pemahaman konsep siswa kelas v sd. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul yang valid, praktis, dan efektif berbasis saintifik serta mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi sistem peredaran darah manusia Tema 5 sehat itu penting, khususnya pada kelas V SDN 1 Kuwu Kecamatan Kradenan. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D). Produk berupa e-modul sistem peredaran darah manusia. Subjek uji coba penelitian ini adalah 36 siswa kelas V SDN 1 Kuwu sebagai kelas eksperimen dan 25 siswa SDN 2 Kuwu sebagai kelas kontrol di Gugus Gajah Mada Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan. Pengumpulan data menggunakan instrumen pedoman wawancara, angket, lembar validasi ahli, dan tes pemahaman. Kebutuhan akan produk yang dikembangkan dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Produk yang dikembangkan diuji kelayakannya oleh ahli media, bahasa, dan materi. Keefektifan produk dalam meningkatkan pemahaman konsep berdasar rata-rata hasil tes uji coba terbatas, uji coba diperluas, serta hasil pretest dan posttest yang dianalisis dengan analisis statistik Independent Samples Test. Hasil analisis kebutuhan adalah siswa dan guru membutuhkan produk yang dikembangkan dalam penelitian ini. Desain produk memperoleh skor rata-rata keseluruhan dari validasi ahli media, bahasa, dan materi berturut-turut adalah 92,9%; 94,4%; 95,4%; dan ketiganya termasuk dalam kriteria “ Sangat Layak”. Kelayakan juga didukung dari hasil angket respon siswa dan guru yang menunjukkan skor rata-rata 76,67% dan 86,67% dengan kriteria “Baik” dan “Sangat Baik”. Rata-rata hasil tes pemahaman uji coba terbatas dan diperluas yaitu 74,00 dan 80,00. Rata-rata hasi test sebelum dan sesudah pembelajaran kelas eksperimen 61,78 meningkat menjadi 83,78 dan kelas kontrol yaitu 59,72 menjadi 60,28. Serta berdasarkan hasil uji-t Independent Samples Test < 0,05 yakni 0,000. Dengan demikian peningkatan pemahaman konsep siswa lebih tinggi pada kelas eksperimen. Kesimpuln yang diperoleh yaitu e-modul sistem peredaran darah manusia berbasis saintifik meningkatkan pemahaman siswa kelas V SD. Dari penelitian ini disarankan, bahwa: 1) guru hendaknya mencari kebutuhan media belajar yang tepat. 2) penggunaan e-modul sebagai media belajar hendaknya memperhatikan standar kelayakan. 3) peneliti lain dapat menggunakan hasil penelitian dan pengembangan ini sebagai referensi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Sri Utaminingsih, S.Pd., M.Pd 2. Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd, M.A
Kata Kunci: e-modul, flip pdf professional, pemahaman konsep, saintifik, sistem peredaran darah manusia
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 07:33
Last Modified: 23 Mar 2022 07:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16080

Actions (login required)

View Item View Item