MUKHLIFATUN, MUKHLIFATUN (2022) Efektivitas model pembelajaran discovery learning dan think talk write terhadap hasil belajar ipa pada materi peredaran darah kelas v sd gugus garuda demak 2021. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (437kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (315kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (577kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (450kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (835kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (216kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus Garuda Demak ada pada kategori rendah sekali, hampir rata-rata siswa mendapat nilai di bawah KKM. Upaya untuk meningkatkan hasil belajar tersebut, maka guru menghadirkan suatu model pembelajaran yang inovatif yaitu model pembelajaran discovery learning dan think talk write, kedua model tersebut akan dianalisis manakah yang lebih efektif. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui manakah yang lebih efektif penerapan model pembelajaran discovery learning atau langsung terhadap hasil belajar siswa pada materi peredaran darah kelas V Sekolah Dasar.2) Untuk mengetahui manakah yang lebih efektif penerapan model pembelajaran think talk write atau langsung terhadap hasil belajar siswa pada materi peredaran darah kelas V Sekolah Dasar.3) Untuk menjelaskan manakah yang lebih efektif penerapan model pembelajaran discovery learning atau think talk write terhadap hasil belajar materi peredaran darah kelas V Sekolah Dasar. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian eksperimen Murni. Populasi pengambilan sampel 1) SD Negeri Tuwang 1. 2) SD Negeri Tuwang 3. 3) SD Negri Undaan Kidul 3. Instrumen yang digunakan adalah prestest dan postest. Uji persyaratan terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Dan analisis data menggunakan Uji sampel T-Tes. Hasil Penelitian 1) model pembelajaran discovery learning lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peredaran darah kelas V Sekolah Dasar dibandingkan dengan pembelajaran langsung. 1) Model pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peredaran darah kelas V Sekolah Dasar dibandingkan dengan pembelajaran langsung. 3) Model pembelajaran discovery learning lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peredaran darah kelas V Sekolah Dasar dibandingkan dengan pembelajaran Think Talk Write (TTW). Model pembelajaran discovery learning lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peredaran darah kelas V Sekolah Dasar Gugus Garuda Demak tahun 2021.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1. Dr. Slamet Utomo, M.Pd 2. Dr. Sumaji, M. Pd |
Kata Kunci: | model pembelajaran discovery learning dan think talk write |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 07:43 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 07:43 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16082 |
Actions (login required)
View Item |