ARTININGSIH, ZUMI (2022) Pengaruh model pembelajaran tgt dan stad terhadap peningkatan hasil belajar ipa kelas v sd Di gugus nusantara demak tahun 2021. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (440kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (229kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (480kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (356kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (596kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (220kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (815kB) | Request a copy |
Abstrak
Hasil belajar IPA kelas V di Gugus Nusantara Demak berdasarkan observasi prapenelitian ada pada kategori rendah, hal ini disebabkan banyak faktor yang salah satunya adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang inovatif, pembelajaran yang terpusat pada guru sehingga keaktifan siswa, daya serap materi menjadi rendah yang pada akhirnya berujung kepada ketidak tuntasan belajar. Tujuan penelitian adalah untuk 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament terhadap hasil belajar IPA materi peredaran darah. 2) mengetahui pengaruh Student Team Achievement Divisions terhadap hasil belajar IPA materi peredaran darah. 3) mengetahui adanya perbedaan pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament dan Student Team Achievement Divisions terhadap hasil belajar IPA materi peredaran darah. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan tipe eksperimen murni karena adanya kelas eksperimen dan kontrol, adapun desain yang digunakan adalah pretest posttest control grup design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri dari prestest dan postest. Uji instrumen terdiri dari uji normalitas dan reliabilitas, uji prasyarat adalah uji normalitas dan homogenitas, analisis data menggunakan tingkat kesukaran, uji kesamaan rata-rata, indeks gain dan uji paired sampel t-test sampel. Hasil Penelitian: 1) Model pembelajaran STAD berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri Tugu Lor materi peredaran darah manusia berdasarkan nilai Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05, atau t-hitung 14,952 > t-tabel 2,05553, 2) Model pembelajaran TGT berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri Kedungwaru Lor materi peredaran darah manusia berdasarkan nilai Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05, atau t-hitung 14,952 > t-tabel 2,04523, 3) model pembelajaran STAD lebih effketif dapat meningkatkan hasil belajar dibandingkan model pembelajaran TGT model pembelajaran STAD memperoleh nilai 85,56 dan model pembelajaran TGT memperoleh nilai 76,00. Kesimpulan bahwa model pembelajaran STAD lebih efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar IPA kelas V pada materi materi peredaran darah manusia. Saran relevansinya dengan hasil penelitian ini bahwa guru hendaknya dapat menjadikan model pembelajaran STAD sebagai referensi dalam penggunaan model pembelajaran. karena secara ilmiah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1. Dr. Slamet Utomo, M.Pd 2. Dr. Khamdun, M.Pd |
Kata Kunci: | model TGT dan STAD, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 08:10 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 08:10 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16085 |
Actions (login required)
View Item |