Pengembangan modul ipa berbasis model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup kelas iii di sekolah dasar

FADILAH, SHANTY (2022) Pengembangan modul ipa berbasis model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup kelas iii di sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (915kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini 1) untuk menganalisis kebutuhan pengembangan modul IPA berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis tema Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup kelas III di Sekolah Dasar. 2) Untuk mendesain pengembangan modul IPA berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis tema Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup kelas III di Sekolah Dasar. 3) Untuk menguji kelayakan modul IPA berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis tema Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup kelas III di Sekolah Dasar. 4) Untuk menguji efektifitas modul IPA berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis tema Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup kelas III di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan atau research and development (R&D). Penelitian terdiri dari 10 langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi masal. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan independent sample t-test. Hasil Penelitian: 1) Siswa dan guru membutuhkan adanya pengembangan modul pembelajaran pada tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Pengembangan modul pembelajaran berbasis discovery learning merupakan salah satu metode pembelajaran yang sesuai. 2) Pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis discovery leraning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup kelas III di Sekolah Dasar dimulai dari desain modul, kemudian diuji validasi oleh ahli media, ahli materi dan ahli praktisi. pada tahap akhir dilakukan revisi hasil validasi. 3) Kelayakan pengembangan modul IPA untuk tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup kelas III di Sekolah Dasar berdasarkan nilai rata-rata kemampuan berfikir kritis setelah menggunakan bahan ajar kelas eksperimen 1 sebesar 88%, nilai rata-rata kemampuan berfikir kritis setelah menggunakan bahan ajar kelas eksperimen 2 sebesar 77% dan nilai rata-rata kemampuan berfikir kritis siswa kelas kontrol sebesar 63%, hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup antara kelas kontrol yang tidak menggunakan modul pembelajaran IPA berbasis discovery learning dengan kelas eksperimen yang menggunakan modul.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Suad, M.Pd 2. Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: Pengembangan Modul Pembelajaran Discovery Learning, Kemampuan Berfikir Kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Mar 2022 01:21
Last Modified: 24 Mar 2022 01:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16093

Actions (login required)

View Item View Item