Kefektivitas media aplikasi tynker dan scratch untuk meningkatkan keterampilan 4c tema ekosistem pada siswa sekolah dasar negeri klumpit

Ulya, Abida (2022) Kefektivitas media aplikasi tynker dan scratch untuk meningkatkan keterampilan 4c tema ekosistem pada siswa sekolah dasar negeri klumpit. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (673kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[thumbnail of Babb V] Text (Babb V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan peneltiian ini adalah 1) menganalisis keefektifan media aplikasi Tynker dalam meningkatkan keterampilan 4C tema ekosistem pada peserta didik sekolah dasar kelas V di SD N Klumpit, 2) Menganalisis keefektifan media aplikasi Scratch dalam meningkatkan keterampilan 4C tema ekosistem pada peserta didik sekolah dasar kelas V di SD N Klumpit, 3) Menganalisis perbedaan keefektifan media aplikasi Tynker dan Scratch dalam meningkatkan keterampilan 4C tema ekosistem pada peserta didik sekolah dasar kelas V di SD N Klumpit. Penelitian ini merupakan jenis penelitian semu atau quasi eksperiment. Dalam desain ini terdapat dua kelompok kemudian diberi pretest terlebih dahulu sebelum diberi perlakuan yang berbeda. Kelompok eksperimen 1 diberi perlakuan dengan menggunakan media aplikasi Tynker sedangkan kelompok eksperimen 2 diberi perlakuan dengan media aplikasi Scratch. Hasil kedua kelompok tersebut kemudian dibandingkan untuk mengetahui tingkat keefektifan media aplikasi tersebut dalam meningkatkan keterampilan 4C tema ekosistem. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) . Media aplikasi Tynker mampu merangsang siswa dalan meningkatkan keterampilan 4C tema ekosistem. Pada nilai rata-rata post-test 82,3 dan nilai siswa setelah pemberian post-test masuk ke dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 68%. 2) Media aplikasi Scratch mampu merangsang lebih siswa, dan mendapatkan nilai pada kategori tinggi cukup banyak dalam meningkatkan keterampilan 4C tema ekosistem. Pada nilai rata-rata post-test 83 dan nilai siswa setelah pemberian post-test masuk ke dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 70%. 3) Ada perbedaan yang signifikan hasil post-test kelompok eksperimen 1 yang pembelajaran tema ekosistem menggunakan media apliaksi Tynker dengan kelompok eksperimen 2 yang pembelajaran tema ekosistem menggunakan media apliakasi Scratch. Hasil perhitungan rata-rata (mean) hasil belajar siswa antara kedua kelompok yakni kelompok eksperimen 1 (Kelas V di SD N 3 Klumpit), dan kelompok eksperimen 2 (Kelas V di SD N 7 Klumpit) menunjukkan bahwa hasil belajar tema ekosistem siswa yang diajar menggunakan media aplikasi Tynker (eksperimen 1) lebih rendah daripada hasil belajar tema ekosistem siswa yang diajar dengan penggunaan model pembelajaran Scratch (eksperimen 2) yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa (posttest) kelas eksperimen 1 adalah 82,3 (delapan puluh dua koma tiga) dan nilai rata-rata hasil belajar siswa (posttest) kelas eksperimen 2 adalah 83 (delapan puluh tiga). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan media aplikasi Tynker lebih efektif. Dari penelitian ini disarankan, bahwa: 1) diharapakan guru dapat menggunakan dan memaksimalkan kualitas belajar mengajar dengan menerapkan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar di kelas agar motivasi dan hasil belajar tema ekosistem pada siswa kelas V dapat meningkat. 2) diharapkan kepada peneliti yang hendak melakukan penelitian serupa, hendaknya menyiapkan segala sarana dan prasaran yang dapat menunjang efektifnya penggunaan media aplikasi Tynker dan Scratch.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: I : Dr. Sri Utaminingsih, S.Pd., M.Pd II : Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A
Kata Kunci: Media Aplikasi Tynker , Media Aplikasi Scratch, Keterampilan 4C, Tema Ekosistem.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:02
Last Modified: 24 Mar 2022 02:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16101

Actions (login required)

View Item View Item