Pengaruh self-confidence dan self-regulation terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas vi mi di kecamatan batangan pati

Hidayaturrahmah, Nur Laila (2022) Pengaruh self-confidence dan self-regulation terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas vi mi di kecamatan batangan pati. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
AWALAN NEW.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran New.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengidentifikasi pengaruh self-confidence terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VI MI di Kecamatan Batangan Pati, 2) Untuk mengidentifikasi pengaruh self-regulation terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VI MI di Kecamatan Batangan Pati, 3) Untuk mengidentifikasi pengaruh self-confidence dan self-regulation secara simultan terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VI MI di Kecamatan Batangan Pati. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif regresi linier ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VI MI di kecamatan Batangan Pati yang berjumlah 154 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling dengan taraf kesalahan 5%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 110 peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi angket dan soal tes uraian. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) Self-confidence berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VI MI di Kecamatan Batangan Pati sebesar 42,3%. (2) Self-regulation berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VI MI di Kecamatan Batangan Pati sebesar 50,6%. (3) Self-confidence dan self-regulation secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VI MI di Kecamatan Batangan Pati sebesar 54%. Simpulan penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan self-confidence terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VI MI di Kecamatan Batangan Pati. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan self-regulation terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VI MI di Kecamatan Batangan Pati. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan self-confidence dan self-regulation secara simultan terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VI MI di Kecamatan Batangan Pati. Dalam penelitian ini disarankan bahwa: (1) Hendaknya guru tidak hanya memperhatikan metode, model, atau media pembelajaran saja, tetapi juga memperhatikan faktor psikologis peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. (2) peserta didik perlu meningkatkan self-confidence dan self-regulation dalam belajar, agar mendapatkan hasil belajar yang bagus. (3) peneliti perlu melakukan penelitian lanjutan yang mendukung adanya pengaruh self-confidence dan self-regulation terhadap hasil belajar matematika peserta didik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Su’ad, M.Pd 2. Dr. Gunawan Setiadi, M.Pd
Kata Kunci: Self-Confidence, Self-Regulation, Hasil Belajar Matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:14
Last Modified: 24 Mar 2022 02:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16102

Actions (login required)

View Item View Item