Fitriyani, Fitriyani (2022) Pengembangan bahan ajar matematika dengan model pembelajaran project based learning materi pengolahan data untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas v. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
JUDUL.pdf - Published Version Download (724kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (230kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (449kB) |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (585kB) |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (494kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui proses pengembangan bahan ajar matematika kelas V dengan model pembelajaran project based learning (2) Mengetahui kelayakan desain pengembangan bahan ajar matematika pada siswa kelas V (3) Mengetahui kepraktisan pengembangan bahan ajar matematika dengan model pembelajaran Project Based Learning kelas V (4) Mengetahui keefektifan pengembangan bahan ajar matematika dengan model pembelajaran project based learning dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V. Metode penelitian yang dilakukan adalah menggunakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R &D) Borg n Gall modifikasi oleh Sugiyono, melalui 10 langkah penelitian yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk I, uji coba pemakaian, revisi produk II, dan produksi massal. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Kudus dan SD N 1 Dorang. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui metode kualitatif dan kuantitatif yaitu observasi, wawancara, pemberian angket pada siswa, guru dan para ahli tentang bahan ajar matematika, nilai pretest dan posttest siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar matematika pada materi pengolahan data kelas V: 1) Proses pengembangan bahan ajar matematika sesuai dengan langkah pengembangan dari Borg & Gall (modifikasi oleh Sugiyono); 2) Pengembangan desain bahan ajar matematika pada SD Muhammadiyah 1 Kudus memperoleh nilai prosentase 83,6% dan di SD Negeri 1 Dorang memperoleh persentase 84% dalam kategori “layak sekali digunakan”; 3) Penggunaan buku ajar matematika siswa mendapatkan nilai prosentase 85,38% dan 82,88%, pada kategori “sangat praktis” digunakan dalam pembelajaran; 4) Dengan menggunakan uji independent sampel t test diperoleh nilai sig 2 tailed 0,000 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata kelas kontrol yaitu 71,47 dan kelas eksperimen yaitu 80,58. Sehingga penggunaan buku ajar matematika sangat efektif untuk diterapkan pada siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing (I) Dr.Suad, M.Pd, Pembimbing (II) Dr.Sumaji, M.Pd. |
Kata Kunci: | Pengembangan Bahan Ajar Matematika, Project Based Learning, Komunikasi matematis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 02:43 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 02:43 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16107 |
Actions (login required)
View Item |