PRADANA, ANGGA GADING (2022) Pengaruh pemberian umpan balik dan teknik modeling terhadap karakter integritas siswa kelas vi sekolah dasar gugus sudirman kecamatan pulokulon kabupaten grobogan”. tesis. program studi magister pendidikan dasar konsentrasi pgsd. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
1. Hal. Judul.pdf - Published Version Download (804kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
2. BAB I.pdf - Published Version Download (544kB) | Preview |
Text (Bab II)
3. BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (638kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
4. BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (835kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
5. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (689kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
6. BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (402kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
7. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (555kB) | Preview |
Text (Lampiran)
8. Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) menganalisis pengaruh pemberian umpan balik dan teknik modeling terhadap pendidikan karakter siswa di Sekolah Dasar; (2) menganalisis besarnya pengaruh pemberian umpan balik dan teknik modeling terhadap pendidikan karakter siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain Nonequivalent Control Grup Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI di Gugus Sudirman Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan. Teknik pemilahan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 53 siswa dari SDN 1 Sembungharjo dan SDN 4 Sembungharjo. Pengumpulan data dengan teknik wawancara dan angket (Skala Likert). Data yang diperoleh akan dianalisis dengan uji t-Test: Two-Sample Assuming Equal Variances. untuk mengetahui variabel independen (X1, X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel dependen (Y). Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian umpan balik dan teknik modeling terhadap karakter siswa menggunakan uji N-Gain. Hasil analisis pengaruh pemberian umpan balik dan teknik modeling terhadap karakter integritas siswa Sekolah Dasar menggunakan uji t-Test: Two-Sample Assuming Equal Variances thitung diperoleh hasil -29,21555057. Selanjutnya membandingkan dengan ttabel. Jumlah kelas kontrol (n1) dan kelas eksperimen (n2) adalah 53, maka (n1+ n2) – 2 = 51. Taraf signifikan a = 5% (0,05), maka diperoleh ttabel sebesar 1,67528495. interpretasi data dapat ditarik kesimpulan karena thitung < ttabel maka terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata karakter integritas siswa kelas kontrol dengan rata-rata karakter integritas siswa kelas eksperimen. Setelah dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji N-Gain untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh pemberian umpan balik dan teknik modeling terhadap karakter integritas siswa Sekolah Dasar. Dari uji N-Gain diperoleh hasil sebesar 0,62 pada kategori sedang. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa pemberian umpan balik dan teknik modeling memberikan pengaruh yang positif terhadap karakter integritas siswa Sekolah Dasar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | I) Dr. Moch Widjanarko, M.Si. II) Dr. Erik Aditia Ismaya, MA. |
Kata Kunci: | Umpan Balik, Teknik Modeling, Karakter Integritas |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 02:43 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 02:43 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16108 |
Actions (login required)
View Item |