Pengembangan media pembelajaran interaktif articulate storyline berbasis realistic mathematic education ( rme ) untuk peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa sd

Wijayanti, Fera Andriana (2022) Pengembangan media pembelajaran interaktif articulate storyline berbasis realistic mathematic education ( rme ) untuk peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa sd. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui proses pengembangan media pembelajaran interaktif articulate storyline berbasis Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis bagi siswa di kelas IV, (2) Mengetahui kelayakan produk pengembangan berupa media pembelajaran interaktif articulate storyline berbasis Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis bagi siswa di kelas IV, (3) Menganalisis kepraktisan media pembelajaran interaktif articulate storyline berbasis Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis bagi siswa di kelas IV (4) Menganalisis keefektifan media pembelajaran interaktif articulate storyline berbasis Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis bagi siswa di kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan Sugiyono (2017) yang terdiri atas 10 langkah. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV di Kecamatan Purwodadi di 4 SD yaitu SDN 1 Kuripan, SDN 4 Kuripan, SDN 4 Cengkrong, SDN 11 Purwodadi Kabupaten Grobogan pada semester genap 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan interview (wawancara), Kuisioner (angket) dan tes. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif, meliputi kemampuan berpikir kritis observasi pembelajaran, dan validasi produk media articulate storyline. Pengembangan media articulate storyline ini berisi tentang kebutuhan media articulate storyline yang didalamnya mencakup materi mengenai pembelajaran secara terperinci dengan dasar model Realistic Mathematic Education (RME) dan dilengkapi evaluasi. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan tersebut selanjutnya dilakukanlah pengembangan media articulate storyline melalui Model Realistic Mathematic Education (RME) . Hasil pengembangan produk tersebut selanjutnya divalidasi oleh validator ahli materi dan memperoleh nilai 87% kategori sangat valid dan layak, sedangkan dari ahli media memperoleh nilai 86% kategori sangat valid dan layak. Revisi di beberapa bagian sesuai saran dari validator. Selanjutnya media articulate storyline melalui Model Realistic Mathematic Education (RME) diterapkan pada kelas eksperimen untuk mengetahui efektivitas produk yang dikembangkan. Hasil uji efektivitas produk dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, diperoleh hasil uji Paired Samples T-Test dari data kelas kontrol dengan kelas eksperimen, dilihat dari signifikasi (2 tailed) menunjukkkan hasil < 0,05 yakni 0,000. Dengan demikian dapat diputuskan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak artinya terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengembangan media pembelajaran articulate storyline melalui model Realistic Mathematic Education (RME) efektif dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd 2. Dr. Sumaji, M.Pd
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Articulate Storyline, Realistic Mathematic Education (RME)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:50
Last Modified: 24 Mar 2022 02:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16112

Actions (login required)

View Item View Item