Pengaruh kecerdasan emosional, spiritual dan kompetensi terhadap kinerja guru sekolah dasar di kecamatan pamotan kabupaten rembang

Rifai, Ahmad (2022) Pengaruh kecerdasan emosional, spiritual dan kompetensi terhadap kinerja guru sekolah dasar di kecamatan pamotan kabupaten rembang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja guru. 2) Menganalisis pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kinerja guru. 3) Menganalisis pengaruh kompetensi terhadap kinerja guru di Kecamatan Pamotan Kabuaten Rembang. 4) Menganalisis pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan kompetensi secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode Causal Research dengan jenis ex-post facto. Penelitian ini memiliki jumlah populasi sebanyak 282 guru Sekolah Dasar di Kecamatan Pamotan dengan jumlah sampel sebanyak 165 guru menggunakan teknik sampling dengan rumus Slovin. Teknik pengambilan data dengan menggunakan angket/kuisioner. Sedangkan teknik analisis data yang akan digunakan adalah uji instrument, uji asumsi klasik dan uji hipotesis berupa uji regresi. Hasil penelitian: 1) Terdapat pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap kinerja guru SD Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang. Berdasarkan t-hitung 3,427 > t-tabel 1,97481 dan nilai signifikansi 0,040 < 0,05. Sebesar 12,4% kinerja guru dipengaruhi oleh kecerdasan emosional. 2) Terdapat pengaruh positif kecerdasan spiritual terhadap kinerja guru SD Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang. Berdasarkan t-hitung 3,151 > t-tabel 1,97481 dan nilai signifikansi 0,025 < 0,05. Sebesar 13,1% kinerja guru dipengaruhi oleh kecerdasan spiritual. 3) Terdapat pengaruh positif kompetensi guru terhadap kinerja guru SD Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang. Berdasarkan t-hitung 3,194 > t-tabel sebesar 1,97481 dan nilai signifikansi 0,046 < 0,05. Sebesar 25,3% kinerja guru dipengaruhi oleh kompetensi guru. 4) Terdapat pengaruh positif kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan kompetensi guru secara simultan terhadap kinerja guru SD Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang. Berdasarkan nilai F-hitung sebesar 5,594 > F-tabel 2,66 dengan nilai Sig sebesar 0,019 < 0,05). Hasil koefisien determinan R-square adalah sebesar 0,508. Hasil ini berarti 50,8% kinerja guru dipengaruhi oleh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan kompetensi guru secara bersama-sama. Kesimpulan: ada pengaruh secara signifikan dan bersama sama antara kecerdasan emosional, spiritual dan kompetensi guru terhadap kinerja guru sekolah dasar di Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1: Dr.Sri Utaminingsih, M.Pd Pembimbing 2: Dr. A.Hilal Madjdi, M.Pd.
Kata Kunci: Kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kompetensi guru dan kinerja guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Mar 2022 03:06
Last Modified: 24 Mar 2022 03:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16115

Actions (login required)

View Item View Item