RISTIANA, RISTIANA (2022) Perbandingan pembelajaran luring dan daring dengan menggunakan media video pembelajaran pada ujian praktik berpidato di kelas 6 sd negeri baturejo 02. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (743kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (335kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (687kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (674kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (602kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (164kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (292kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk menganalisis perbedaan penerapan pembelajaran luring dan daring pada pelaksanaan ujian praktik berpidato kelas 6, (2) untuk menganalisis tingkat keberhasilan pembelajaran Luring pada ujian praktik berpidato kelas 6, (3) untuk menganalisis tingkat keberhasilan pembelajaran daring pada ujian praktik berpidato kelas 6, (4) untuk membandingkan tingkat keberhasilan (efektifitas) pembelajaran luring dan daring pada ujian praktik berpidato kelas 6. Metode penelitan yang digunakan oleh peneliti ialah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian komparatif dimana penelitian yang dilakukan untuk menguji perbandingan dua objek. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dimana seluruh kelas 6 SDN Baturejo 02 mulai dari sebelum terjadinya pandemi yaitu ketika menggunakan metode luring dan semasa terjadinya pemdemi yaitu ketika sudah menerapkan metode daring. Terhitung mulai tahun pelajaran 2017/2018 hingga 2020/2021. Pengumpulan data menggunakan studi dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif deskriptif meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada nilai ujian praktik berpidato yang pada saat menggunakan metode luring hanya mencapai rata-rata 80 sedangkan dengan menggunakan metode daring mencapai 88. Terdapat perbedaan yang signifikan antara keduanya dengan nilai dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Taraf serap pencapaian indikator penilaian dengan metode daring mencapai 89,3% lebih tinggi daripada menggunakan metode luring yang berada pada 84%. Itu artinya bahwa penggunaan metode daring lebih efektif digunakan dalam pelaksanaan ujian praktik berpidato.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1. Dr. Su’ad, M.Pd 2. Dr Sri Utaminingsih, M.Pd |
Kata Kunci: | Perbandingan, Pembelajaran Luring, Pembelajaran Daring, Video Pembelajaran, Berpidato |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 03:04 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 03:04 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16116 |
Actions (login required)
View Item |