HARIYANTO, HARIYANTO (2022) Implementasi ekstrakurikuler pramuka pada karakter tanggung jawab siswa di sd n 1 boloh kecamatan toroh. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (516kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (522kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (484kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis model penerapan ekstrakurikuler pramuka untuk membentuk karakter tanggung jawab, (2) menganalisis karakter tanggung jawab siswa setelah mengikuti ekstrakurikuler pramuka, dan (3) menganalisis daya dukung sekolah terhadap pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Permasalahan penelitian ini tentang Implementasi ekstrakurikuler pramuka pada karakter tanggung jawab. Adapun subyek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru/pembina pramuka, dan siswa Sekolah Dasar di SD Negeri 1 Boloh Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Dalam pengumpulan data menggunakan rekaman audio video, catatan lapangan, dan foto. Analisis data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah bahwa implementasi ekstrakurikuler pramuka di SD Negeri 1 Boloh menggunakan model reguler berbasis gugus depan. Karakter tanggung jawab siswa mengalami peningkatan yang signifikan dengan strategi pencapaian SKU/SKK, serta variasi kegiatan di dalam sekolah dan luar sekolah yaitu latihan rutin, penjelajahan, baris berbaris, sandi-sandi, dan permainan. Daya dukung sekolah untuk ekstrakurikuler pramuka sangat lengkap meliputi kompetensi kepala sekolah dan guru, pola pengembangan dan penyegaran kompetensi, ketersediaan sarana dan prasarana, sumber belajar, pembiayaan, dan kemitraan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1. Dr. Mochamad Widjanarko, S.Psi., M.Si 2. Dr. Erik Aditia Ismaya, MA |
Kata Kunci: | Ekstrakurikuler pramuka, karakter tanggungjawab, sekolah dasar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 03:14 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 03:14 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16118 |
Actions (login required)
View Item |