Nofriyadi, Rizky (2022) Meningkatkan hasil belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantu media audio visual tema 1 indahnya kebersamaan pada kelas iv sd 3 bae kudus tahun ajaran 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (962kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (221kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (428kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (121kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Proses pembelajaran yang monoton dan konvensional menggunakan metode ceramah dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SD 3 Bae Kudus. Hasil belajar siswa masih rendah, dari 19 siswa yang mencapai KKM hanya 10 siswa (52,6%), sedangkan 9 siswa (47,4%) tidak mencapai KKM. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan Problem Based Learning berbantuan media audio visual pada tema 1 indahnya kebersamaan muatan PPKn dan Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa menggunakan Problem Based Learning berbantu media audio visual pada tema 1 indahnya kebersamaan muatan PPKn dan Bahasa Indonesia. Problem Based Learning adalah model pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran siswa pada masalah autentik sehingga siswa dapat menyusun pengetahuannya sendiri, menumbuh kembangkan keterampilan yang lebih tinggi dan inkuiri, memandirikan siswa dan meningkatkan kepercayaan diri sendiri. Penelitian tindakan kelas ini sudah dilaksanakan di kelas IV SD 3 Bae Kudus dengan subjek penelitian 19 siswa dan guru yang berlangsung selama 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa, sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Problem Based Learning berbantu media audio visual. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dalam penelitian ini membuktikan bahwa penerapan metode Problem Based Learning berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari 60,52% pada siklus I menjadi 92,1% pada siklus II, aktivitas belajar siswa dari 63,81% siklus I menjadi 86,07% siklus II dan keterampilan mengajar guru dari 64,7% siklus I menjadi 87,64% siklus II pada mata pelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia Tema 1 Indahnya Kebersamaan siswa kelas IV SD 03 Bae Kudus. Berdasarkan penelitian ini hendaknya guru dapat menerapkan model Problem Based Learning berbantuan media audio visual menjadi lebih menarik sehingga siswa menjadi lebih aktif ketika mengikuti pembelajaran dan memahai materi yang disampaikan oleh guru.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | (1) Ika Ari Pratiwi, S. Pd., M. Pd. (2) Deka Setiawan, S. Pd., M. Pd. |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Problem Based Learning, Audio Visual |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 03:28 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 03:28 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16120 |
Actions (login required)
View Item |