Pengembangan buku ajar berorientasi higher order thinking skills berbasis kearifan lokal jepara untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema daerah tempat tinggalku kelas iv sekolah dasar

ASTIYOWATI, LIA (2022) Pengembangan buku ajar berorientasi higher order thinking skills berbasis kearifan lokal jepara untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema daerah tempat tinggalku kelas iv sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (968kB) | Request a copy

Abstrak

Upaya meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada level yang lebih tinggi, terutama yang berkaitan dengan kemampuan untuk berpikir kritis dan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah dapat dilakukan dengan penggunaan materi berbasis kearifan lokal dan berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kebutuhan buku ajar tematik berorientasi HOTS berbasis kearifan lokal, (2) Mendeskripsikan prosedur pengembangan buku ajar tematik berorientasi HOTS berbasis kearifan lokal, (3) mengetahui kelayakan buku ajar tematik berorientasi HOTS berbasis kearifan lokal, (4) mengetahui kepraktisan buku ajar tematik berorientasi HOTS berbasis kearifan lokal, dan (5) mengetahui efektivitas buku ajar tematik berorientasi HOTS berbasis kearifan lokal Kabupaten Jepara bagi siswa kelas IV sekolah dasar pada tema Daerah Tempat Tinggalku. Pengembangan buku ajar tematik berorientasi HOTS berbasis kearifan lokal ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R and D). Tahapan pengembangan meliputi: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk, dan (8) Uji coba pemakaian. Penelitian dilakukan dengan subjek siswa dari kelas IV SDN 1,2,3,4 Banyuputih dan SDN 2 Sendang Kabupaten Jepara. Pengembangan produk merupakan proses penyusunan buku ajar yang didasarkan pada analisis kebutuhan. Uji validasi dilakukan oleh 2 orang ahli yaitu dosen ahli materi dan ahli media pembelajaran. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji beda dua kelompok (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar tematik berorientasi HOTS berbasis kearifan lokal Kabupaten Jepara sangat dibutuhkan oleh guru dan siswa kelas IV sekolah dasar di Kabupaten Jepara. Hal ini diketahui dari hasil uji kelayakan oleh ahli yang menunjukkan bahwa hasil validasi buku ajar dinyatakan baik. Kepraktisan buku ajar dinyatakan praktis yang ditinjau dari respon baik dari guru dan siswa. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelompok eksperimen belajar lebih baik dibanding kelompok kontrol. Artinya, buku ajar tematik berorientasi HOTS berbasis kearifan lokal Kabupaten Jepara yang dikembangkan efektif dan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran kelas IV sekolah dasar di Kabupaten Jepara.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Drs. Su'ad, M.Pd 2. Dr. Gunawan Setiadi, SIP. M.Pd
Kata Kunci: buku ajar, HOTS, kearifan lokal, tematik, sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Mar 2022 03:22
Last Modified: 24 Mar 2022 03:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16121

Actions (login required)

View Item View Item