Pengembangan modul kolase berbasis bahan alami dalam quantum learning untuk menguatkan karakter kemandirian anak usia dini

DARMISIH, ENDANG SETIYO (2022) Pengembangan modul kolase berbasis bahan alami dalam quantum learning untuk menguatkan karakter kemandirian anak usia dini. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan format modul pembelajaran quantum learning dengan bermain kolase berbasis bahan alami untuk meningkatkan karakter anak usia dini di Kecamatan Margorejo Pati. Untuk mendiskripsikan isi modul pembelajaran quantum learning dengan bermain kolase berbasis bahan alami untuk meningkatkan karakter anak usia dini di Kecamatan Margorejo Pati. Untuk mendiskripsikan keefektifan modul pembelajaran quantum learning dengan bermain kolase berbasis bahan alami untuk meningkatkan karakter anak usia dini di Kecamatan Margorejo Pati. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D. Peneliti menggunakan tujuh langkah pelaksanaan penelitian. Langkah penelitian adalah sebagai berikut: potensi dan masalah, mengumpulkan data dan desain produk. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Meliputi praktik model pembelajaran quantum learning dengan bermain kolase berbasis bahan alami, observasi pembelajaran, dan validasi produk kolase berbasis bahan alami. Analisis produk kolase berbasis bahan alami untuk mengembangkan karakter anak usia dini meliputi 6 tahap. Hasil penelitian diperoleh bahwa produk modul kolase berbasis bahan alami dalam quantum learning untuk menguatkan karakter kemandirian anak usia dini di Kecamatan Margorejo Pati yang telah dikembangkan dan memenuhi unsur kelayakan format panduan yakni kelayakan sistematika penyajian, penulsan, dan kegrafikan. Produk modul kolase berbasis bahan alami dalam quantum learning untuk anak usia dini di Kecamatan Margorejo Pati yang telah dikembangkan memenuhi unsur kelayakan isi materi dalam prosedur pembelajaran. Kelayakan isi materi ini menunjukkan bahwa modul kolase berbasis bahan alami dalam quantum learning untuk anak usia dini di Kecamatan Margorejo Pati telah layak digunakan sebagai media pembelajaran guru PAUD. Produk modul kolase berbasis bahan alami dalam quantum learning untuk anak usia dini di Kecamatan Margorejo Pati yang telah dikembangkan dan memiliki bukti keefektifan dalam mengarahkan kemandirian siswa PAUD. Bukti keefektifan modul kolase berbasis bahan alami dalam quantum learning untuk anak usia dini di Kecamatan Margorejo Pati ini dapat di gunakan oleh guru karena memiliki kelayakan teoritis dan praktis.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd 2. Dr. Guntoro, S.Pd., M.Pd.Kons
Kata Kunci: model quantum learning, bermain kolase berbasis bahan alami, karakter anak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Mar 2022 03:37
Last Modified: 24 Mar 2022 03:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16123

Actions (login required)

View Item View Item