ANJARSARI, WIDARWATI DEWI (2022) Pengembangan pembelajaran tematik berbasis steam untuk meningkatkan soft skill siswa kelas iv di kabupaten kudus. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (669kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (291kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (447kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (641kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (818kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (73kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (317kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan pembelajaran tematik berbasis STEAM untuk meningkatkan soft skill siswa sekolah dasar di Kabupaten Kudus. 2) merumuskan pengembangan desain pembelajaran tematik berbasis STEAM untuk meningkatkan soft skill siswa sekolah dasar di Kabupaten Kudus, 3) menganalisis keefektifan pembelajaran tematik berbasis STEAM untuk meningkatkan soft skill siswa sekolah dasar di Kabupaten Kudus. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan. Pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini ialah model pembelajaran berbasis STEAM untuk meningkatkan soft skill siswa sekolah dasar di Kabupaten Kudus. Adapun desain penelitian R&D (Research and Development) terdiri atas penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba tahap awal, revisi terhadap produk utama, uji coba lapangan, produk akhi rsetelah revisi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif menggunakan teknik flow analysis model yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Analisis data kuantitatif dengan uji validitas dan uji efektifitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan desain pembelajaran tematik berbasis STEAM untuk meningkatkan soft skill siswa sekolah dasar di Kabupaten Kudus, dari segi kevalidan termasuk dalam klasifikasi sangat valid. Hasil analisis angket respon guru dan siswa dalam mengimplementasikan model pembelajaran tematik berbasis STEAM mendapatkan rata-rata skor persentase 90% guru memberikan respon positif dan 89% siswa memberikan respon positif. Hasil gain skor soft skill siswa, pada kelas ekperimen mendapatkan skor rata-rata 0,56 dalam kategori sedang, sedangkan kelas kontrol mendapatkan rata-rata 0.12 pada kategori rendah. Pengujian melalui Independent Sample t Test diperoleh nilai thitung = 14,335 > ttabel = 1,99656 dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata data soft skill siswa dari kedua kelompok, dimana rata-rata soft skill kelompok eksperimen yang menggunakan pembelajaran tematik berbasis STEAM lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd 2. Dr. Murtono, M.Pd |
Kata Kunci: | Tematik, STEAM, Soft Skill |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 03:53 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 03:53 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16125 |
Actions (login required)
View Item |