SALSABILA, FITRIYA ‘AIN (2022) Pengembangan modul penguatan pendidikan karakter pada kelas iv tema indahnya keragaman di negeriku berbasis kearifan lokal kabupaten kudus. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (546kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (222kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (552kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (220kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan analisis kebutuhan modul penguatan pendidikan karakter pada siswa kelas IV berbasis kearifan lokal Kabupaten Kudus (2) Mengetahui pengembangan desain modul pendidikan karakter pada kelas IV berbasis kearifan lokal Kabupaten Kudus, (3) Mengetahui kelayakan modul penguatan pendidikan karakter pada kelas IV berbasis kearifan lokal Kabupaten Kudus, (4) Mengetahui keefektifan modul penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal Kabupaten Kudus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Developmant (R & D) dari Robert Maribe Branch, Instructional Design: The ADDIE Approach. Model RnD ADDIE memiliki beberapa langkah-langkah antara lain: (1) Analiysis , (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evalution. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari SD Muhammadiyah 1 Kudus, SD IT Umar Bin Khathab dan SD 2 Singocandi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Pada penelitiaan pengembangan ini mengangkat mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian tersebut di lakukan di kelas IV Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku, Subtema 1) Indahnya Keragaman Agama di Negeriku, 2) Indahnya Keragaman Budaya di Indonesia, 3) Indahnya Kesatuan dan Persatuan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Modul Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Kudus dibutuhkan oleh peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Modul tersebut di desain sesuai dengan kurikulum, materi, karakteristik peserta didik, pendidikan karakter dan kearifan lokal. Modul ini telah di validasi oleh validator 1 dengan skor 18 katagori sangat baik dengan presentase 90% dan Validator 2 skor 17 katagori baik dengan presentase. Dengan demikian didapatkan rata-rata presentase dari validator sebesar 87.5%. Setelah modul di validasi, peneliti melakukan penelitian dengan ujicoba soal pretest dan posttest. Pada hasil uji-t menunjukan bahwa Ha di terima dan Ho ditolak, artinya ada perbedaan hasil belajar sebelum dan setelah pembelajaran pada kelas eksperimen.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat tarik kesimpulan bahwa Modul Penguatan Pendidikan Karakrter Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Kudus layak dan efektif digunakan pada Muatan PelajaranPendidikan Kewarganegaraan pada Kelas IV di Sekolah Dasar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1. Dr. Su’ad, M.Pd 2. Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Modul, Pendidikan Karakter, Religius, Disiplin, Kearifan Lokal, Gusjigang |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 04:01 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 04:01 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16127 |
Actions (login required)
View Item |