Efektivitas model problem based learning dan inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep kpk dan fpb pada siswa kelas iv sekolah dasar

ISTIKHOMAH, ISTIKHOMAH (2022) Efektivitas model problem based learning dan inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep kpk dan fpb pada siswa kelas iv sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) efektifitas model Problem Based Learning dan pembelajaran langsung terdahap pemahaman konsep KPK dan FPB pada siswa kelas IV Sekolah Dasar, 2) efektifitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran langsung terdahap pemahaman konsep KPK dan FPB pada siswa kelas IV Sekolah Dasar, 3) efektifitas model Problem Based Learning dan model pembelajaran inkuri terbimbing terdahap pemahaman konsep matematika materi KPK dan FPB pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian quasi eksperimen, pendekatan kuantitatif, desain Nonequivalent Kontrol Group Desig. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV Gugus Sultan Fatah Kecamatan Demak. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 3 SD yaitu SDN Bintoro 2 dengan model Problem Based Learning, SDN Bintoro 5 dengan model inkuiri terbimbing dan SDN Betokan 3 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran langsung. Adapun pengambilan sampel menggunakan teknik purpose sampling. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kritis menggunakan tes uraian. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, serta analisis akhir (uji hipotesis) yang meliputi uji t. Hasil penelitian adalah 1) efektivitas model problem based learning lebih baik daripada pembelajaran langsung terhadap pemahaman konsep KPK dan FPB pada siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 < taraf signifikan 0,05. 2) efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada pembelajaran langsung terhadap pemahaman konsep KPK dan FPB pada siswa kelas IV Sekolah Dasar berdasarkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 dengan taraf signifikansi 0,05, maka nilai 0,00 < 0,05. 3) Terdapat perbedaan efektivitas model problem based learning) dan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep KPK dan FPB pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Hal ini dibuktikan dengan hasil sig (2-tailed) sebesar 0,00 dengan signifikansi 0,05, maka nilai 0,00 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep KPK dan FPB r di kelas IV meningkat setelah diterapkan model pembelajaran problem based learning dan inkuiri terbimbing.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd 2. Dr. Sumaji, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Problem Based Learning, Inkuiri Terbimbing, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Mar 2022 04:08
Last Modified: 24 Mar 2022 04:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16128

Actions (login required)

View Item View Item