ISTIKHOMAH, ISTIKHOMAH (2022) Efektivitas model problem based learning dan inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep kpk dan fpb pada siswa kelas iv sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (160kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (524kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) efektifitas model Problem Based Learning dan pembelajaran langsung terdahap pemahaman konsep KPK dan FPB pada siswa kelas IV Sekolah Dasar, 2) efektifitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran langsung terdahap pemahaman konsep KPK dan FPB pada siswa kelas IV Sekolah Dasar, 3) efektifitas model Problem Based Learning dan model pembelajaran inkuri terbimbing terdahap pemahaman konsep matematika materi KPK dan FPB pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian quasi eksperimen, pendekatan kuantitatif, desain Nonequivalent Kontrol Group Desig. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV Gugus Sultan Fatah Kecamatan Demak. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 3 SD yaitu SDN Bintoro 2 dengan model Problem Based Learning, SDN Bintoro 5 dengan model inkuiri terbimbing dan SDN Betokan 3 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran langsung. Adapun pengambilan sampel menggunakan teknik purpose sampling. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kritis menggunakan tes uraian. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, serta analisis akhir (uji hipotesis) yang meliputi uji t. Hasil penelitian adalah 1) efektivitas model problem based learning lebih baik daripada pembelajaran langsung terhadap pemahaman konsep KPK dan FPB pada siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 < taraf signifikan 0,05. 2) efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada pembelajaran langsung terhadap pemahaman konsep KPK dan FPB pada siswa kelas IV Sekolah Dasar berdasarkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 dengan taraf signifikansi 0,05, maka nilai 0,00 < 0,05. 3) Terdapat perbedaan efektivitas model problem based learning) dan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep KPK dan FPB pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Hal ini dibuktikan dengan hasil sig (2-tailed) sebesar 0,00 dengan signifikansi 0,05, maka nilai 0,00 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep KPK dan FPB r di kelas IV meningkat setelah diterapkan model pembelajaran problem based learning dan inkuiri terbimbing.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd 2. Dr. Sumaji, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Problem Based Learning, Inkuiri Terbimbing, Pemahaman Konsep |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 04:08 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 04:08 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16128 |
Actions (login required)
View Item |