Islami, Rika Yaitul (2022) Pembelajaran daring di sd 03 rejosari tahun pelajaran 2020/2021. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (425kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (263kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (377kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (118kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (195kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Proses pembelajaran daring yang kurang tepat dalam perencanaan dan tidak menyesuaikan dengan kondisi yang ada menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan di SD 03 Rejosari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran yang diterapkan selama pembelajaran daring di SD 03 Rejosari, mengetahui hasil belajar siswa selama penerapan pembelajaran daring di SD 03 Rejosari. Menganalisis faktor-faktor yang menghambat atau mempengaruhi, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomologi. Metode kualitif yang digunakan dengan cara menangkap suatu gejala holistik-kontekstual dengan cara naturalistik yaitu mengungkap fenomologis bagaimana pendidikan daring dilaksanakan di sekolah. Penelitian kualitatif ini dilaksanakan di SD 03 Rejosari dengan menggunkan subjek kepala sekolah, guru kelas IV, dan guru kelas III, wali murid, dan siswa. Tektik pengumpulan data berubapa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu model analsis interaktif. Hasil penelitian membuktikan bahwa pembelajaran daring di SD 03 Rejosari tahun pelajaran 2020/2021belum maksimal yang dikarenkan pemaham anak kurang saat melaksanakan pembelajaran daring dirumah, sarana dan prasarana yang diberikan juga belum sesuai dengan yang di butuhkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peran guru dan orang tua sangan berpengaruh dalam proses pembelajaran daring sarana dan prasaran juga harus mendukung agar tercipta pembelajaran daring seperti yang diinginkan. Adapun saran yaitu hedaknya guru, wali murid dan siswa saling berkolaborasi menciptakan komunikasi yang lebih baik, terpenuhinya sarana dan prasarana sehingga proses pembelajaran daring mendapat hasil seperti yang di inginkan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | (1) Drs. Sucipto, M.Pd, Kons. (2) Ika Oktavianti, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | Pembelajaran Daring |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 05:24 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 05:24 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16130 |
Actions (login required)
View Item |