Penanaman sikap nasionalisme melalui mata pelajaran ips kelas iv mi al yaisniyah jekulo kudus

CHABIBA, MUCHAMMAD IZZUDDIN KHOIRUL (2022) Penanaman sikap nasionalisme melalui mata pelajaran ips kelas iv mi al yaisniyah jekulo kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (510kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan tentang Penanaman Sikap Nasionalisme Melalui Mata Pelajaran IPS Kelas IV MI Al Yasiniyah Jekulo Kudus. Era globalisasi pada zaman sekarang berdampak pada penurunan nilai yang dimiliki individu terhadap kecintaanya terhadap tanah air. Salah satu upaya untuk memfilter pengaruh masuknya budaya asing ke Indonesia adalah dengan cara menanamkan sikap nasionalisme kepada siswa. Sikap Nasionalisme dapat ditanamkan melalui mata pelajaran IPS yang pada dasarnya mata peljaran tersebut berkaitan dengan Sejarah Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan deskripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di MI Al Yasiniyah Jekulo Kudus. Obyek yang di teliti ialah sikap nasionalisme dalam pembelajaran IPS sejarah pada siswa kelas IV, dimana kepala sekolah dan guru kelas sebagai fasilitatornya dan subjek dalam penelitian ini didasarkan atas kesesuaian antara sumber informasi atau informan utama yang terkait dengan masalah penelitian ini, yaitu mengenai penanaman sikap nasionalisme melalui mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV MI Al Yasiniyah Jekulo Kudus. Berdasarkan hasil penelitian deskripsi kualitatif yang sudah dilaksanakan di kelas IV MI Al Yasiniyah Jekulo Kudus dapat disimpulkan bahwa penanaman sikap Nasionalisme pada mata pelajaran IPS di MI Al Yasiniyah terdapat beberapa aspek dalam pembelajaran yaitu Pembiasaan, Kegiatan keteladanan/ modeling, Contoh-contoh yang kontekstual, Penggunaan cerita dan Pengguaan media. Terdapat faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung penanaman sikap Nasionalisme ialah Sarana Prasarana yang memadai, faktor penghambat kurangnya pemahaman siswa akan Nasionalisme dimana dalam menjaslkan harus dengan bahasa yang sederhana.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: (1) Dr. Erik Aditia Ismaya, SPd., MA. (2) Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Nasionalisme, Pembelajaran IPS.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Mar 2022 06:49
Last Modified: 24 Mar 2022 06:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16131

Actions (login required)

View Item View Item