Peningkatan hasil belajar siswa melalui model guided inquiry based learning berbantuan media kartu soal pada tema 6 kelas v sd boloagung 02

Anisah, Norma (2022) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model guided inquiry based learning berbantuan media kartu soal pada tema 6 kelas v sd boloagung 02. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (543kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (971kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan mengajar gurudan meningkatan hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesia dan IPS melalui penerapan model guided inquiry based learning berbantuan media permainan kartu soal di kelas V SDN Boloagung 02. Hasil belajar pada penelitian ini difokuskan pada aspek pengetahuan dan keterampilan sebagai hasil dari kegiatan belajar. Model pembelajaran guided inquiry based learning adalah model pembelajaran yang memberikan kesempatan pada siswa untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran dengan melakukan penyelidikan dan pemecahan masalah secara mandiri. Dalam model ini terdapat 5 tahapan yaitu (1) perumusan masalah; (2) menyusun hipotesis; (3) mengumpulkan data; (4) menganalisis data; (5) menyimpulkan Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dab refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Boloagung 02 yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan dara yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Tes diuji validitasnya dengan menggunakan validitas expert judgment. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar Bahsa Indonesia dan IPS pada ranah pengetahuan dan ranah ketrampilan. Pada ranah pengetahuan muattan Bahasa Indonesia di peroleh hasil pada siklus I sebesar 74% menjadi 84% pada siklus II sedangkan muatan IPS diperoleh hasil sebesar 75% dan mengalami peningkatan menjadi 86%. Pada ranah keterampilan pada muatan Bahasa Indonesia di peroleh hasil pada siklusI sebesar 83% menjadi 100% pada siklus II sedangkan pada muatan IPS diperoleh hasil pada siklus I sebesar 86% menjadi 100% pada siklus II. Keterampilan guru dalam mengelola kelas menglami peningkatan pada siklus I sebesar 80% menjadi 93% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Guided Inqiry Based Learning dengan media kartu soal dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dan IPS ranah pengetahuan dan keterampilan sisiwa kelas V SDN Boloagung 02 dan keterampilan mengajar guru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing (1) Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd, Pembimbing (2) Imaniar Purbasari, M.Pd.
Kata Kunci: Guided Inquiry Based Learning, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 25 Mar 2022 01:41
Last Modified: 25 Mar 2022 01:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16134

Actions (login required)

View Item View Item