Hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar ips siswa kelas iv di desa tunjungharjo kecamatan tegowanu grobogan

ISLAMI, AMALIA NUR (2022) Hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar ips siswa kelas iv di desa tunjungharjo kecamatan tegowanu grobogan. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (587kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Pemerintah berupaya untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu dengan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui pendidikan, pada proses pembelajaran diperlukan sarana dan prasarana pendukung berupa sumber daya manusia, media pembelajaran dan potensi peserta didik. Hasil wawancara dengan guru kelas menunjukkan adanya kebiasaan belajar yang belum efektif. Tercermin pada saat sebelum proses pembelajaran guru menyiapkan siswa dan meminta siswa untuk mengeluarkan buku mata pelajaran yang akan dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : menguji hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV di Desa Tunjungharjo Kecamatan Tegowanu Grobogan dan mendeskripsikan hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV di Desa Tunjungharjo Kecamatan Tegowanu Grobogan. Kebiasaan belajar adalah suatu perilaku belajar seseorang yang dilakukan dengan cara yang sama dari waktu kewaktu secara konsisten sehingga akan menetap dan bersifat otomatis tanpa ada paksaan. Kebiasaan belajar siswa mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh berupa perubahan perilaku yang terjadi pada diri siswa sebagai hasil dari pengalaman proses pembelajaran yang menyangkut tiga ranah yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Peneliti berusaha mencari hubungan kebiasaan belajar dan fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS. Penelitian ini menggunakan paradigma ganda dengan dua variabel. Dalam paradigma ini terdapat dua variabel bebas yaitu kebiasaan belajar (X) serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar IPS (Y). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara tidak terstruktur, angket atau kuesioner dan dokumentasi. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tunjungharjo 1 dan SDN Tunjungharjo 2. sampel penelitian adalah keseluruhan siswa kelas IV berjumlah 78 siswa. teknik pengumpulan data adalah wawancara, angket atau kuesioner, dokumentasi, Tekhnik analisa data analisis statistik deskriptif. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Tunjungharjo 1 dan SDN Tunjungharjo 2 Kecamatan Tegowanu yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,641 dengan tingkat hubungan yang kuat antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS karena berada pada interval 0,60-0,799 dengan kontribusi sebesar 41,1% dan 58,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan kebiasaan belajar dan fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Tunjungharjo 1 dan SDN Tunjungharjo 2 Kecamatan Tegowanu yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,721 dengan tingkat hubungan yang kuat antara kebiasaan belajar dan fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS karena berada pada interval 0,60-0,799 dengan kontribusi sebesar 52% dan 48% dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: 1. Ika Ari Pratiwi,M.Pd 2. Dr.Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A
Kata Kunci: Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar, IPS
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 25 Mar 2022 01:45
Last Modified: 25 Mar 2022 01:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16135

Actions (login required)

View Item View Item