Karakter anak penggemar game online di desa rejosari” (studi kasus pada anak usia sekolah dasar di sdn rejosari 3 kelas iv kecamatan mijen kabupaten demak

Anam, Ahmad Fiqi Khoirul (2022) Karakter anak penggemar game online di desa rejosari” (studi kasus pada anak usia sekolah dasar di sdn rejosari 3 kelas iv kecamatan mijen kabupaten demak. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter siswa kelas IV yang bermain game online dan yang tidak bermain game online. Fokus utama penelitian ini adalah bagaimana karakter anak penggemar game online siswa kelas IV SD Negeri Rejosari 3. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Rejosari 3 pada tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 29, peneliti mengambil 6 siswa yang 4 diantaranya memiliki handphone dan gemar bermain game online. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif subjek penelitian adalah siswa kelas IV sebagau subjek utama penelitian, orang tua sebagai informan kunci, guru, kepala sekolah, dan masyarakat sebagai informan tambahan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi Analisis data menggunakan teknik analisis model interakstif Miles dan Huberman. uji keabsahan menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber, triangulasi teori, triangulasi metode, dan triangulasi penyidikan. Hasil penelitian ditemukan bahwa anak bermain game online untuk mengisi waktu luang dan akhirnya menjadi kebiasaan untuk bermain game online, yang menyebabkan anak bisa berbahasa asing, anak mulai berpikir cepat, anak mulai mulai membagi waktu bermain dan belajar. Penggemar bermain game online memiliki karakter yang tidak disiplin, emosi kurang baik karena kurangnya pengawasan yang dilakukan oleh orang tua. Sarannya orang tua harus lebih mengawasi anak dalam bermain game online.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing (1): Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd., Pembimbing (2): Deka Setiawan, S.Pd., MPd.
Kata Kunci: Karakter anak, Kontrol Sosisal Orang tua
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 25 Mar 2022 02:00
Last Modified: 25 Mar 2022 02:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16138

Actions (login required)

View Item View Item