Utami, Linda Putri (2022) Peran orang tua terhadap motivasi belajar siswa pada kelas 4 sdn 01 kepohkencono. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (553kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (194kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (130kB) |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (409kB) |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (109kB) |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (184kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (922kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam memotivasi belajar anak di Desa Kepohkencono Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati, dengan rumusan masalah bentuk peran orang tua dalam pembelajaran anak di Desa Kepohkencono Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati, upaya orang tua untuk meningkatkan motivasi belajar anak di Desa Kepohkencono Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati dan hambatan yang dialami orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak di Desa Kepohkencono Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Penelitian ini membahas mengenai peran orang tua dan penerapannya terhadap motivasi belajar anak. Peran orang tua merupakan cara-cara yang digunakan orang tua mengenai tugas-tugasnya dalam mendidik anak. Sedangkan motivasi belajar adalah suatu dorongan dasar untuk menggerakkan diri seseorang untuk bertingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai suatu tujuan pembelajaran. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini dilaksana di Desa Kepohkencono Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati, sedangkan mengambil subjek dari orang tua dan siswa sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tahab studi Pustaka, observasi, wawancara, dokumentasi, perekaman, pencatatan dan pemotretan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memberikan perannya orang tua di Desa Kepohkencono Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati berperan sebagai korektor, informator, motivator, organisator, dan fasilitator. Focus peranan dalam penelitian ini dalam hal pembentukan jam belajar anak, pendampingan belajar, dan pemberian reword sebagai bentuk apresiasi pada anak. Penerapan peran tersebut mampu meningkatkan motivasi belajar anak. Menjadi lebih disiplin dalam belajar dan waktu bermain dan belajar dapat teratur dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peran orang tua sangat berperan terhadap prestasi belajar anak. Mulai dari orang tua mendampingi anak dalam belajar, memberikan anak jam belajar yang teratur dan memberikan reword kepada anak. Maka dari itu orang tua hendaknya menerapkan ketiga peran tersebut agar anak giat dan termotivasi dalam belajarnya, sehingga prestasi yang diperoleh anak bisa lebih maksimal. Adapun saran dalam penelitian ini adalah bagi orang tua tetap memberikan peranan yang positif untuk anak agar anak tetap semangat dalam belajar baik dirumah maupun disekolah.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing (1) Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.Pd. Pembimbing (2) Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Peran Orang Tua, Motivasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 25 Mar 2022 03:15 |
Last Modified: | 25 Mar 2022 03:15 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16139 |
Actions (login required)
View Item |