Dampak pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa kelas iv sdn 02 rengging.

Alfiaturrohmaniah, Fitri (2022) Dampak pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa kelas iv sdn 02 rengging. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (879kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Rengging. Pembelajaran daring adalah proses belajar dan pembelajaran yang memanfaatkan paket informasi elektronik dalam kepentingan pembelajaran dan pendidikan, yang diakses oleh peserta didik, kapan saja dan dimana saja berbasis TIK. Pembelajaran Daring pasti memiliki dampak bagi seluruh masyarakat dan bagi sektor pendidikan di Indonesia. Pembelajaran daring merupakan salah satu upaya dan langkah strategiss yang ditempuh oleh Pemerintah dalam menyelamatkan Pendidikan di Indonesia. Pelaksanaan Pembelajaran daring, sangat dibutuhkan partisipasi orang tua atau wali murid agar proses pelaksanaan pembelajaran daring dapat terlaksanakan dengan optimal. Sebaik dan semaksimal apapun kinerja para tenaga pendidik dalam menerapkan pembelajaran daring tersebut agar sesuai yang diharapkan oleh wali murid dan siswa, tidak bisa dipungkiri menimbulkan dampak, terdapat dampak positif dan negative dalam penerapan pembelajaran online. Dengan itu, orang tua harus berpartisipasi dalam menyampaikan kembali materi pembelajaran yang diberikan guru secara daring karena dengan adanya dampingan orang tua proses belajar anak di rumah akan berjalan dengan baik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan induktif pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di SDN 2 Rengging. Obyek yang di teliti adalah dampak proses pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia, dimana guru kelas IV sebagai fasilitator dan subyek penelitian adalah Informannya siswa kelas IV yang berjumlah 13 yang terdiri dari 1 guru kelas IV, 6 wali murid dan 6 peserta didik yaitu dari 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang dan 2 siswa berkemampuan rendah. Berdasarkan hasil penelitian deskripsi kualitatif yang sudah dilaksanakan di kelas IV SDN 02 Rengging, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring berjalan dengan sesuai Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19). Guru dalam mengajar menggunakan aplikasi WhatsApp Group, Video pembelajaran, dan Google Formulir. Terdapat dampak positif dan negatif, dalam penelitian ini dalam proses pembelajaran di SDN 2 Rengging dampak positif yaitu anak banyak waktu dirumah bersama keluarga, guru dan siswa lebih berkembang mengenai pendidikan berbasis teknologi. Namun, lebih banyak dampak negatif yang dirasakan yaitu siswa dalam pembelajaran daring kurang memahami materi yang dikarenakan pendidik saat menyampaikan materi saja dan tidak ada penjelasan secara langsung kurang jelas, kurangnya motivasi belajar anak, memori yang penuh, dan tugas yang terlalu banyak. Sedangkan, orang tua mengenai keluhan waktu yang sibuk bekerja akan kurangnya pendampingan belajar anaknya dirumah sehingga memiliki sedikit kendala dalam pengumpulan tugas yang tidak tepat waktu.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing (1) Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd. Pembimbing (2) Mila Roysa, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Dampak Daring, Hasil Belajar IPA dan Bahasa Indonesia.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 25 Mar 2022 04:16
Last Modified: 25 Mar 2022 04:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16140

Actions (login required)

View Item View Item