Mengatasi kejenuhan belajar dalam pembelajaran daring saat pandemi di sdn 2 singorojo melalui belajar kelompok

Prayoga, Yudistira (2022) Mengatasi kejenuhan belajar dalam pembelajaran daring saat pandemi di sdn 2 singorojo melalui belajar kelompok. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (22MB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran daring yang dilakukan selama pandemi membuat siswa merasa jenuh dalam proses belajar. Tak terkecuali siswa di SDN 2 Singorojo. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pembelajaran daring pada masa pandemi di SDN 2 Singorojo, (2) kejenuhan belajar siswa di SDN 2 Singorojo perlu diatasi dengan belajar kelompok. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan tanpa tatap muka atau tanpa interaksi secara langsung. Kejenuhan belajar merupakan sebuah keadaan dimana rasa jenuh atau kebosanan terjadi pada saat proses belajar yang menyebabkan rasa tidak bersemangat, atau tidak bergairah dalam melaksanakan kegiatan belajar yang dipicu berbagai faktor yang mempengaruhi dalam diri siswa. Belajar kelompok merupakan proses terjadinya penyampaian dan penerimaan pengetahuan yang dilakukan oleh beberapa individu dengan melakukan kegiatan logis dan sistematis untuk terjadinya suatu proses perubahan kearah yang positif. Penelitian mixed methods atau penelitian campuran ini akan dilaksanakan di kelas 4 SDN 2 Singorojo. Penelitian ini menggunakan teknik campuran bertahap dan strategi eksploratoris sekuensial. Objek yang akan diteliti adalah kejenuhan siswa saat belajar daring selama pandemi. Adapun sumber data primer pada penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN 2 Singorojo, hasil angket, dan Guru Kelas 4. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari dokumentasi dan catatan penelitian, serta data pendukung yang lain berupa buku referensi dan jurnal penelitian relevan yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, angket, pretes-postes dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif-kuantitatif bertahap dengan tahapan analisis data kualitatif diikuti analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas 4 di SDN 2 Singorojo mengalami kejenuhan belajar. Dari hasil analisis angket yang terdiri dari beberapa indikator diataranya keletihan emosional, depersonalisasi, dan menurunnya keyakinan akademik didapati 1 siswa yang mengalami kejenuhan sangat tinggi, 2 kategori tinggi dan 2 lainnya kategori cukup. Setelah melakukan kegiatan belajar kelompok diperoleh data belajar kelompok dapat mengatasi kejenuhan sebesar 1 siswa sangat tinggi, 3 siswa kategori tinggi, dan 1 siswa kategori cukup. Adapun saran untuk SDN 2 Singorojo agar dapat menggunakan berbagai platform atau sarana media pembelajaran untuk mendukung kegiatan belajar mengajar jarak jauh yang lebih bervariasi. Dengan bervariasi media belajar dapat mengatasi kejenuhan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: (1) Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons. (2) Imaniar Purbasari, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Kejenuhan Belajar, Pembelajaran Daring, Belajar Kelompok
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 25 Mar 2022 06:25
Last Modified: 25 Mar 2022 06:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16141

Actions (login required)

View Item View Item