Pengembangan media permainan buy and sell berbasis mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini di tk n pembina pamotan, kecamatan pamotan, kabupaten rembang

KHUMAIDAH, IIK (2022) Pengembangan media permainan buy and sell berbasis mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini di tk n pembina pamotan, kecamatan pamotan, kabupaten rembang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (542kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran buy and sell berbasis mind mapping dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun , menguji desaign pengembangan Media pembelajaran buy and sell berbasis mind mapping, dan mendeskripsikan keefektifan Media pembelajaran buy and sell berbasis mind mapping. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D. Peneliti menggunakan tujuh langkah pelaksanaan penelitian. Langkah penelitian adalah sebagai berikut: penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan penelitian, pengembangan produk awal, uji coba produk awal, revisi hasil uji coba, uji validasi, revisi produk akhir, dan implementasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes dan angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah Guru sejawat, wali murid dan anak didik TKN Pembina Pamotan sejumlah lima belas anak, TK Pertiwi lima belas anak dan TK Aisyiyah BA sebanyak lima belas anak. Hasil Penelitian bahwa 1) Guru dan siswa membutuhkan media permainan yang dapat meningkatkan bahasa anak. Media yang dimaksud adalah media yang terbuat dari bahan ringan, contohnya dari kayu dan plastic dan hemat serta mudah dibawa, selain itu media yang diharapkan dapat memberi daya tarik bagi anak dalam melakukan permainan dengan media tersebut. 2) Desain pengembangan media permainan buy and sell berbasis mind mapping terdiri dari beberapa tahap. Tahap pertama yaitu gambar mind mapping dengan kombinasi warna gambar mind mapping ini terdiri dari tiga jenis gambar yaitu gambar pada toko indah, toko ceria dan toko bahagia, kemudian buah-buah mainan yang dijual yang terdiri dari buah jambu, belimbing, pisang, sirkaya dan jeruk serta buah salak, kemudian kotak penjualan. 3) Media permainan buy and sell berbasis mind mapping layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini di TK Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang. Hal tersebut terlihat dari kemampuan berbahasa anak perindikator pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas control. 4) Media permainan buy and sell berbasis mind mapping efektif meningkatkan kemampuan berbahasa anak berdasarkan kelas eksperimen 1 nilai sig 0.000 < 0.05, atau Thitung 8,192 > Ttabel 2,1447. Kelas eksperimen 2 nilai Sig. 0.000 < 0.05, atau Thitung 9,309 > Ttabel 2,14479.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Santoso, M.Pd 2. Dr. Fitri Budi Suryani, S.S.M.Pd
Kata Kunci: Media Permainan Buy and Sell, mind mapping, dan Berbahasa
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Taman kanak-kanak
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 25 Mar 2022 07:54
Last Modified: 25 Mar 2022 07:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16150

Actions (login required)

View Item View Item