Pengaruh umpan balik dalam google classroom terhadap hasil belajar dan motivasi siswa pada pelajaran ipa kelas 5 gugus dewi sartika

Herian, Agus (2022) Pengaruh umpan balik dalam google classroom terhadap hasil belajar dan motivasi siswa pada pelajaran ipa kelas 5 gugus dewi sartika. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui umpan balik dalam google classroom untuk meningkatkan hasil belajar pada pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar, (2) mengetahui umpan balik dalam google classroom untuk meningkatkan motivasi siswa pada pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar. Umpan Balik adalah suatu teknik atau cara pengembalian hasil pekerjaan atau tes soal peserta didik yang diharapkan dapat memberikan motivasi kepada peserta didik ke arah perbaikan dan peningkatan prestasi belajar peserta didik. Umpan balik (feedback) akan bermanfaat apabila guru bersama peserta didik menelaah kembali jawaban-jawaban tes soal, baik yang dijawab benar ataupun yang dijawab salah dan peserta didik diberikan kesempatan untuk memperbaiki jawaban yang salah. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian menggunakan non equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini ada 2 sekolah dasar yaitu dari kelas V SDN Bendar sebagai kelas Eksperimen dan SDN Pekuwon sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan menggunakan umpan balik dalam google classroom, pada kelas kontrol diberikan perlakuan dengan pembelajaran menggunakan google classroom. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi data, uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan N- Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh umpan balik dalam google classroom terhadap hasil belajar IPA materi perpindahan panas atau kalor kelas V SD Segugus Dewi Sartika Kecamatan Juwana materi perpindahan panas atau kalor. Berdasarkan hasil thitung sebesar 3.872 sedangkan ttabel dengan df = 38 sebesar 2,0243 maka thitung > ttabel atau 3.872 > 2,0243, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar materi perpindahan panas atau kalor menggunakan umpan balik dalam google classroom. Terdapat pengaruh umpan balik dalam google classroom terhadap hasil belajar IPA materi perpindahan panas atau kalor siswa kelas V SD Segugus Segugus Dewi Sartika Kecamatan Juwana materi perpindahan panas atau kalor. Berdasarkan output uji independent sample t Test diperoleh nilai thitung = 8,394 > ttabel = 2,02108 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata motivasi belajar siswa dari kedua kelompok, dimana rata-rata kelompok eksperimen lebih dari rata-rata kelompok kontrol.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: I) Dr. A. Hilal Madjdi, M.Pd., II) Dr. Gunawan Setiadi, SIP., M.Pd
Kata Kunci: Umpan Balik, Google Classroom, Hasil belajar, Motivasi, IPA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Ilmu Murni > Q Science (General)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Mar 2022 01:42
Last Modified: 26 Mar 2022 01:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16154

Actions (login required)

View Item View Item