Pengaruh bimbingan individu melalui google classroom terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis pada muatan pelajaran ipa siswa kelas v gugus dr. cipto mangunkusumo

Jarmanto, Jarmanto (2022) Pengaruh bimbingan individu melalui google classroom terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis pada muatan pelajaran ipa siswa kelas v gugus dr. cipto mangunkusumo. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (546kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (843kB)

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh bimbingan individu melalui google calssroom terhadap peningkatan hasil belajar pada muatan pelajaran IPA siswa kelas V, (2) mengetahui pengaruh bimbingan individu melalui google classroom terhadap peningkatan berpikir kritis pada muatan pelajaran IPA siswa kelas V. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya quasi eksperimen. Desain penelitian menggunakan non-equivalent control group design. Subjek dalam penelitian ada dua sekolah dasar yaitu kelas V SDN Dukutalit 01 sebagai kelas Eksperimen dan kelas kontrolnya Kelas V SDN Bakaran Wetan 03. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan menggunakan bimbingan individu melalui google classroom, sedangkan pada kelas kontrol diberikan pembelajaran tanpa bimbingan individu melalui google classroom. Instrumen penelitian menggunakan tes untuk hasil belajar sedangkan angket dan wawancara untuk keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian berupa deskripsi data, uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan N- Gain. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu di kelas eksperimen diperoleh rata-rata hasil belajar adalah 79,95 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas control adalah 68,30. Sehingga diperoleh perbedaan rata-rata sebesar 11,65. Sedangkan berdasar penelitian, keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen diperoleh rata-rata 77,74 sedangkan kelas control diperoleh rata-rata 62,33. Ada perbedaan sebesar 15,41. Kesimpulan dari penelitain ini adalah adanya pengaruh peningkatan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis kepada siswa di SD yang telah diberikan perlakuan bimbingan individu melalui google classroom. Selain itu juga terdapat pengaruh keterampilan berpikir kritis setelah diberi bimbingan individu melalui google classroom terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I Dr. A. Hilal Madjdi, M.Pd. Pembimbing II Dr. Gunawan Setiadi, SIP., M.Pd
Kata Kunci: Bimbingan Individu, Google Classroom, Hasil Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Mar 2022 01:55
Last Modified: 26 Mar 2022 01:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16155

Actions (login required)

View Item View Item