Hayuningsih, Hayuningsih (2021) Pengembangan media pembelajaran kartu gambar berbasis permainan tradisional untuk keterampilan membaca permulaan anak tk kelompok b. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (357kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (176kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (298kB) |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (341kB) |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (730kB) |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (59kB) |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (153kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (756kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan: (1) mendiskripsikan analisis kebutuhan media pembelajaran untuk keterampilan membaca permulaan pada anak TK; (2) mendiskripsikan desain media pembelajaran kartu gambar berbasis permainan tradisional; (3) mendiskripsikan kelayakan media pembelajaran kartu gambar berbasis permainan tradisional; (4) menganalisis efektivitas media pembelajaran kartu gambar berbasis permainan tradisional. Metode penelitian dengan desain Research and Development yang meliputi 10 langkah; Research and Information Collecting, planning, Develop Preliminary Form of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing, Operational Product Revision, Operational Field Testing, Final Product Revision, Dissemination and Implementation. Populasi adalah anak TK kelompok B Karanganyar Demak. Teknik sampling dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara kuesioner, observasi, dan wawancara. Tehnik analisis data adalah uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesis (uji t, uji t paired dan uji n gain) Hasil penelitian: (1) rendahnya kemampuan membaca permulaan anak diperlukan media pembelajaran berbasis permianan berdasarkan hasil observasi dan wawancara pada pembelajaran membaca; (2) Media pembelajaran yang dikembangkan adalah media kartu gambar berbasis permainan tradisional, Dan pengembangan buku panduan untuk permainan tradisional berbantu kartu gambar; (3) berdasarkan uji kelayakan oleh ahli media dan ahli materi media kartu gambar berbasis permainan tradisional sangat layak digunakan untuk pembelajaran membaca permulaan pada anak TK B; (4) Media kartu gambar berbasis permainan tradisional efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan anak TK B dalam membaca permulaan . Simpulan dari penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran berbasis permainan tradisional berbantu kartu gambar untuk membaca permulaan sangat layak digunakan untuk membaca permulaan pada anak TK. Kartu gambar ini efektif terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan. Untuk itu kartu gambar berbasis permainan tradisional dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan anak dalam membaca permulaan serta melestarikan budaya daerah.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1: Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd. Pembimbing 2: Dr. Santoso, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | kartu gambar, permainan tradisional, keterampilan membaca permulaan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 Mar 2022 02:07 |
Last Modified: | 26 Mar 2022 02:07 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16157 |
Actions (login required)
View Item |