Auliana Putri, Novi (2022) Pengembangan aplikasi unlalia batik troso bermuatan empat keterampilan berbahasa bagi siswa kelas viii smp/mts di kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (764kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (324kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (644kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (947kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (267kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan analisis kebutuhan aplikasi Unlalia Batik Troso bermuatan empat keterampilan berbahasa bagi siswa kelas VIII SMP/MTs di Kudus. (2) Mendeskripsikan pengembangan prototype aplikasi Unlalia Batik Troso. (3) Mendeskripsikan hasil validasi aplikasi Unlalia Batik Troso. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Subjek pada penelitian ini berjumlah 110 siswa yang terdiri dari: 32 siswa dari SMP N 1 Undaan Kudus, 40 Siswa dari Mu’allimat NU Kudus, dan 38 siswa dari MTs. NU Assalam Jati Kudus. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan kepada guru bahasa Indonesia di SMP/MTs kelas VIII membutuhkan media pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase 67% guru menyatakan sangat perlu media pembelajaran dan 33% menyatakan perlu adanya media pembelajaran. Hasil analisis kepada siswa menunjukkan persentase 92% siswa sangat membutuhkan media pembelajaran aplikasi dan 8% siswa menyatakan butuh media aplikasi. Hasil pengembangan prototype aplikasi Unlalia Batik Troso memanfaatkan beberapa aplikasi pendukung yakni Canva, CapCut, Microsoft PowerPoint, dan Smart Apps Creator. Hasil validitas yang telah peneliti peroleh dari para ahli terhadap aplikasi Unlalia Batik Troso menunjukkan kategori sangat layak dengan skor dalam persentase 95% dari ahli bahasa dan 86% dari ahli media. Maka dari itu, aplikasi Unlalia Batik Troso dapat dinyatakan sangat layak sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia pada materi teks persuasi semester genap.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1. Muhammad Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd 2. Luthfa Nugraheni, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Aplikasi, Media Pembelajaran, Budaya, Keterampilan Berbahasa |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Bahasa dan sastra > Sastra (Umum) |
Program Studi: | DDC > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 03:15 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 03:15 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16167 |
Actions (login required)
View Item |