Pengembangan aplikasi unlalia batik troso bermuatan empat keterampilan berbahasa bagi siswa kelas viii smp/mts di kudus

Auliana Putri, Novi (2022) Pengembangan aplikasi unlalia batik troso bermuatan empat keterampilan berbahasa bagi siswa kelas viii smp/mts di kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (764kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan analisis kebutuhan aplikasi Unlalia Batik Troso bermuatan empat keterampilan berbahasa bagi siswa kelas VIII SMP/MTs di Kudus. (2) Mendeskripsikan pengembangan prototype aplikasi Unlalia Batik Troso. (3) Mendeskripsikan hasil validasi aplikasi Unlalia Batik Troso. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Subjek pada penelitian ini berjumlah 110 siswa yang terdiri dari: 32 siswa dari SMP N 1 Undaan Kudus, 40 Siswa dari Mu’allimat NU Kudus, dan 38 siswa dari MTs. NU Assalam Jati Kudus. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan kepada guru bahasa Indonesia di SMP/MTs kelas VIII membutuhkan media pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase 67% guru menyatakan sangat perlu media pembelajaran dan 33% menyatakan perlu adanya media pembelajaran. Hasil analisis kepada siswa menunjukkan persentase 92% siswa sangat membutuhkan media pembelajaran aplikasi dan 8% siswa menyatakan butuh media aplikasi. Hasil pengembangan prototype aplikasi Unlalia Batik Troso memanfaatkan beberapa aplikasi pendukung yakni Canva, CapCut, Microsoft PowerPoint, dan Smart Apps Creator. Hasil validitas yang telah peneliti peroleh dari para ahli terhadap aplikasi Unlalia Batik Troso menunjukkan kategori sangat layak dengan skor dalam persentase 95% dari ahli bahasa dan 86% dari ahli media. Maka dari itu, aplikasi Unlalia Batik Troso dapat dinyatakan sangat layak sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia pada materi teks persuasi semester genap.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: 1. Muhammad Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd 2. Luthfa Nugraheni, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Aplikasi, Media Pembelajaran, Budaya, Keterampilan Berbahasa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Bahasa dan sastra > Sastra (Umum)
Program Studi: DDC > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Mar 2022 03:15
Last Modified: 28 Mar 2022 03:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16167

Actions (login required)

View Item View Item