Penerapan konseling trait and factor untuk meningkatkan konsentrasi belajar selama pembelajaran daring pada siswa kelas xi smk n 3 kudus

DYAH RISTANTI, NAFI’ (2022) Penerapan konseling trait and factor untuk meningkatkan konsentrasi belajar selama pembelajaran daring pada siswa kelas xi smk n 3 kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (713kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (893kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah konsentrasi belajar yang rendah selama pembelajaran daring pada siswa kelas XI APHP 1 SMK N 3 Kudus yang mengakibatkan terganggunya proses pembelajaran daring. Hal ini ditemukan berdasarkan wawancara peneliti dengan walikelas XI APHP 1 di sekolah tersebut. Oleh karena itu dengan adanya layanan konseling Trait and Factor diharapkan dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa selama pembelajaran daring. Berdasarkan latar belakang tersebut maka permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1). Faktor apa sajakah yang menyebabkan konsentrasi belajar rendah selama pembelajaran daring pada kelas XI SMK N 3 Kudus?, (2). Bagaimanakah penerapan konseling trait and factor dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa selama pembelajaran daring ? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : 1. Menemukan faktor – faktor yang yang dapat mempengaruhi konsentrasi belajar rendah selama pembelajaran daring pada siswa kelas XI SMK N 3 Kudus, 2. Mendeskripsikan penerapan konseling trait and factor dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa selama pembelajaran daring . Konseling Trait and Factor adalah ciri atau sifat merujuk pada karakteristik individu yang dapat diukur seperti kemampuan bakat, watak, sifat yang menyebabkan terjadinya sesuatu. Penerapan konseling Trait and Factor diawali dengan analisis, sintesis, diagnosis, prognosis, treatment, dan follow up. Konsentrasi belajar selama pembelajaran daring merupakan pemusatan perhatian siswa terhadap pembelajaran daring yang sedang berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif studi kasus. Adapun langkah studi kasus, yaitu : pengumpulan data kasus, identifikasi kasus, analisis, diagnosis, prognosis, treatment, dan follow up. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI APHP 1 SMK N 3 Kudus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan induksi Sistem Bacon. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan setelah mendapatkan layanan konseling. Sebelum konseling, konsentrasi pembelajaran daring siswa masih rendah. Faktor yang mempengaruhi yaitu kondisi fisik yang kurang fit, kondisi fisik lemah, koneksi jaringan buruk dan berasal dari keluarga broken home. Setelah mendapatkan konseling, terdapat peningkatan konsentrasi siswa dalam pembelajaran daring. Berdasarkan hasil penelitian, konseling trait and factor dapat membantu siswa meningkatkan konsentrasi dalam pembelajaran daring. Peneliti memberikan saran kepada siswa dan guru bimbingan dan konseling. Untuk siswa, sebaiknya lebih memperhatikan dan mendengarkan pembelajaran daring agar dapat berkonsentrasi dengan baik. Untuk guru bimbingan dan konseling, lebih memantau perkembangan siswa terutama pada saat pembelajaran daring ini yang memerlukan proses penyesuaian pada siswa tentunya banyak hambatan yang di miliki. Untuk Peneliti, dapat mengembangkan penelitiannya dengan tes.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: 1. Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd 2. Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons
Kata Kunci: Konseling Trait and Factor, Konsentrasi Belajar, Pembelajaran Daring
Subjects: Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan > Pendidikan jarak jauh
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Mar 2022 03:35
Last Modified: 28 Mar 2022 03:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16171

Actions (login required)

View Item View Item