Penerapan konseling behavioristik teknik self management untuk mengatasi kejenuhan belajar pada santri di pondok pesantren An-anfal sarang rembang

Amaliyah, Fanailul (2022) Penerapan konseling behavioristik teknik self management untuk mengatasi kejenuhan belajar pada santri di pondok pesantren An-anfal sarang rembang. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) Menemukan faktor-faktor apa yang menjadi penyebab kejenuhan belajar di Pesantren An Anfal Sarang Rembang.2) Apakah penerapan konseling Behavioristik dengan teknik Self Menegement bisa mengatasi kejenuhan belajar di Pesantren An Anfal Sarang. Dalam pendidikan forma dan non-formal proses belajar menjadi tanggung jawab pengajar didalam kelas. Dalam belajar salah satu diantaranya yang paling sering di jumpai yaitu jenuh. Salah satu bahaya menakutkan yang sering dialami oleh golongan pelajar saat ini ialah kejenuhan belajar. Kejenuhan belajar merupakan suatu permasalah apabila tidak segera diatasi dan dicari soludi yang tepat, maka akan menimbulkan dampak yang negatif serta berakibat fatal dan mengancam bagi kelangsungan proses belajar santri di masa depan kelak. Untuk membantu santri yang mengalami kejenuhan belajar, peneliti berupaya mengunakan pendekatan behavioristik teknik Self Management. Konseling Behavioristik merupakan perubahan tingkah lakuyu maladatif menjadi adaptif yang diingikan konseli dalam proses konseling. Teknik Self Management adalah teknik yang menunjukkan pelaksanaan dan penanganan kehidupan seseorang dengan mengunakan suatu keterampilan yang dipelajari. Self Management bertujuan membantu individu agar dapat mengubah tingkah aku dirinya sendiri. Berdasarkan hasil wawancara terhadap penustadzs dan ustadz di lapangan ditemukan indikasi kecenderungan kejenuhan belajar maka konselor mengunakan layanan konseling behavioristik, yaitu dengan salah satu teknik Self Management, yang dalam penanganannya dapat diharapkan model konseling yang menekankan pendekatan yang berpusat pada tingkah laku (konseling behavioristik). Salah satu layanan konseling individual dalam mengatasi kendala santri yang mengelami kejenuhan dalam belajar dengan menggunakan pendekatan behavioristik. Terapi behavioristik atau biasa disebut teori tingkah laku adalah penerapan aneka ragam teknik dan prosedur yang berakar pada berbagai teori tentang belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dirancang dalam bentuk studi kasus. Subyek yang diteliti yaitu santri pesantren An Anfal Sarang. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah wawancara, observasi dan dokumentasai sehingga konselor bisa memperoleh data yang akurat penyebab santri mengalami kejenuhan belajar. Hasil penelitian ini bahwa proses konseling di pondok An-Anfal, sudah mampu membentuk perilaku baru konseli yakni aktif dan tepat waktu masuk kelas, mengikuti pembelajaran, bertanggung jawab, waktu menyelesaikan tugasm mandiri mengerjakan tugas, terbiasa mengerjakan tugas dengan tepat, dan tidak membolos. Berdasarkan hasil terebut, maka dapat disimpulkan bahwa layanan konseling teknik self management untuk mengatasi kejenuhan belajar santri sangat efektif. Penelitian berharap santri dapat mempertahankan perilaku baru yang telah diberbarui.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Santoso, S.Pd., M.Pd. 2. Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons.
Kata Kunci: Konseling Behavioristik, Self Management, Kejenuhann Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Mar 2022 03:54
Last Modified: 28 Mar 2022 03:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16173

Actions (login required)

View Item View Item