Mengatasi kejenuhan belajar daring melalui pendekatan behavioristik dengan teknik self management pada siswa sma 1 bae

MUBAROQ, RIZAL (2022) Mengatasi kejenuhan belajar daring melalui pendekatan behavioristik dengan teknik self management pada siswa sma 1 bae. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (719kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kejenuhan belajar daring. 2) Untuk mengatasi kejenuhan belajar daring siswa dengan menerapkan pendekatan behavioristik dengan teknik self management pada siswa SMA 1 Bae. Kejenuhan belajar daring adalah suatu kondisi mental di mana seorang siswa yang mengikuti pembelajaran daring mengalami kebosanan yang amat sangat untuk melakukan aktifitas belajar, dan kebosanan tersebut membuat motivasi belajar menjadi menurun. Untuk membantu siswa yang kesulitan membagi waktu belajarnya, peneliti mencoba menggunakan pendekatan behavioristik dengan teknik manajemen diri. Konseling behavioristik adalah perubahan perilaku maladaptif dan digantikan oleh perilaku adaptif yang diinginkan oleh konseli dalam proses konseling. Self Management adalah teknik yang digunakan dalam proses perubahan perilaku, dimana konseli diberi kesempatan untuk mengontrol perilaku yang diharapkan. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dirancang dalam bentuk studi kasus. Subjek yang diteliti yaitu TG dan DS. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah 1) wawancara, 2) observasi, 3) dokumentasi. Peneliti menggunakn purposive sampling sebagai pengambilan sampel untuk subjek penelitian dua siswa yang memliki masalah kejenuhan belajar daring. Hasil penelitian ini bahwa proses konseling di SMA 1 Bae sudah mampu mengubah perilakunya yang maladaptif menjadi adaptif sehingga konseli berkeinginan mempertahankan dan terus melakukan perubahan tingkah laku yang lebih baik yakni rajin dan semangat dalam belajar, dapat berkonsentrasi dengan baik, bisa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, siswa merasa nyaman dalam pemebelajaran daring, dan dapat mengungkapkan pendapat saat pembelajaran daring. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa layanan konseling behavioristik dengan teknik self management dalam mengatasi masalah kejenuhan belajar daring dikatakan sangat efektif. Dalam hal ini peneliti berharap agar siswa dapat mempertahankan perilaku yang diubahnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: 1. Drs. Masturi, MM 2. Dr. Santoso, M.Pd
Kata Kunci: Pendekatan Behavioristik, Self Management, Kejenuhan Belajar Daring
Subjects: Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan > Pendidikan jarak jauh
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Mar 2022 05:12
Last Modified: 28 Mar 2022 05:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16180

Actions (login required)

View Item View Item