Pendekatan rational-emotive behavior therapy (rebt) untuk menangani motivasi belajar yang rendah pada siswa kelas viii smp it al islam kudus

BARIROH, UMI (2022) Pendekatan rational-emotive behavior therapy (rebt) untuk menangani motivasi belajar yang rendah pada siswa kelas viii smp it al islam kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (821kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab Iv] Text (Bab Iv)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy

Abstrak

Motivasi belajar yang rendah merupakan suatu kondisi atau keadaan yang dialami seseorang yang disebabkan adanya kesulitan dalam memahami ateri yang telah di jelaskan oleh guru dalam aktifitas belajar mengajar untuk membantu siswa yang mengalami motivasi belajar yang rendah dalam aktifitas belajar maka peneliti berupaya menerapkan Pendekatan Rational emotive Behavior Therapy (REBT). Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) pendekatan yang mengajarkan kembali untuk memahami pemikiran irrasional yang menyebabkan motivasi belajar yang rendah dalam aktifitas belajar dengan mengubah pemikiran konseli menjadi lebih rasional. Penelitian studi kasus ini akan dilaksanakan di SMPIT AL-ISLAM KUDUS dengan dua subyek penelitian yaitu siswa (FA,AW), ke dua siswa ini terindikasi mengalami motivasi belajar yang rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan metode dokumentasi. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif diskriptif yang secara bersamaan yaitu reduksi data, paparan data, penarikan kesimpulan, berdasarkan hasil pembahasan dan analisis penelitian ini menunjukkan penyebab FA dan AW mengalami motivasi belajar yang rendah dalam belajar disebabkan : FA dan AWmengembangkan persepsi negative tentang pentingnya mempunyai cita-cita dan masa depan namun malas dalam belajar, tidak bertanya ketika tidak faham dan menggunakan waktu belajar untuk bermain Hp. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT). Dari konseling ke dua siswa tersebut, dapat memahami dan menyadari pemikiran irrasional yang dialaminya untuk diganti dengan pemikiran yang rasional, yaitu menganggap pentingnya mempunyai cita-cita dan masa depan dengan lebih rajin belajar, berani bertanya ketika belum faham dan menggunakan waktu belajar untuk belajar. Maka peneliti menyimpulkan bahwa pendekatan Rational Emotive behavior Therapy (REBT) digunakan untuk mengatasi motivasi belajar yang rendah pada siswa kelas VIII D SMPIT AL-ISLAM KUDUS. Hal ini dibuktikan adanya perubahan pola fikir maupun perasaan dan perilaku konseli. Konseli mampu mengatasi motivasi belajar yang rendah dalam aktifitas belajar mengajar. Peneliti memberi saran : 1) siswa yang mengalami motivasi belajar yang rendah diharapkan dapat mengelak persepsi, lebih memahami berfikir yang rasional dan mengembangkan perilaku sebagai konsekuensi dari pemikiran yang rasional, serta menyadari dampak dari pemikiran irrasional yang harus dihindari. 2) Penelitian untuk mengembangkan penelitian selanjutnya, maka bagi peneliti nantinya yang akan mengatasi motivasi belajar yang rendah hendaknya memberikan waktu yang cukup untuk konseling sehingga dapat memahami, menggali lebih dalam apa yang dirasakan oleh konseli.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: 1. Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd. Kons 2. Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Kons
Kata Kunci: Pendekatan Rational Emotive Behavior Trerapy (REBT) motivasi belajar yang rendah.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Mar 2022 05:36
Last Modified: 28 Mar 2022 07:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16181

Actions (login required)

View Item View Item