Akbar, Faisal Hibatullah (2022) Eefektivitas model pbl berbasis steam berbantuan si badri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas xi. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
1- HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
2- BAB I.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Text (Bab II)
3 - BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
4 - BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
5 - BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
6 - BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (694kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
7 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Text (Lampiran)
8 - LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (108MB) | Request a copy |
Abstrak
Masalah matematika dalam kehidupan nyata biasa disajikan dalam soal literasi. Akan tetapi, berdasarkan hasil PISA, skor literasi matematika Indonesia masih rendah, karena siswa terbiasa menghafal rumus serta kurangnya kemampuan pemecahan masalah. Hal tersebut juga dialami oleh siswa kelas XI MAN 2 Kudus. Dari 98 siswa, 51,02% siswa kesulitan belajar matematika dan 50,00% siswa belum bisa mengembangkan rumus untuk menyelesaikan masalah. Maka, peneliti menerapkan model pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, yaitu model PBL berbasis STEAM berbantuan SI BADRI (Aplikasi Barisan Deret Aritmetika dan Geometri). Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis dan proporsi siswa yang tuntas KKM setelah memperoleh pembelajaran dengan model PBL berbasis STEAM berbantuan SI BADRI. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Kudus dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Rancangan penelitian ini adalah quasi experimental design dengan non-equivalent posttest-only control group design. Kelas eksperimen di dalam penelitian ini adalah XI MIPA 7 dan kelas kontrolnya adalah XI MIPA 2. Model pembelajaran untuk kelas eksperimen yaitu PBL berbasis STEAM berbantuan SI BADRI dan kelas kontrol yaitu pembelajaran langsung. Bentuk instrumen posttest yang digunakan yaitu tes tertulis uraian. Data hasil belajar, uji coba instrumen, dan posttest kemudian dianalisis menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam pembelajaran PBL berbasis STEAM berbantuan SI BADRI lebih baik daripada rata-rata kemampuan siswa dalam pembelajaran langsung, (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam pembelajaran PBL berbasis STEAM berbantuan SI BADRI mencapai KKM 70, (3) proporsi siswa yang tuntas KKM setelah mengikuti pembelajaran PBL berbasis STEAM berbantuan SI BADRI lebih dari 75%, dan (4) proporsi siswa yang tuntas KKM dalam pembelajaran PBL berbasis STEAM berbantuan SI BADRI lebih besar daripada proporsi siswa dalam pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PBL berbasis STEAM berbantuan SI BADRI efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI pada materi barisan dan deret aritmetika dan geometri. Dengan adanya hasil tersebut, maka model PBL berbasis STEAM perlu juga diterapkan di dalam materi matematika yang lainnya. Penelitian lebih lanjut mengenai penerapan model PBL berbasis STEAM berbantuan aplikasi android masih perlu dilakukan, agar penerapannya dapat semakin relevan dan sesuai dengan perkembangan zaman.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | (1) Ratri Rahayu, S.Pd., M.Pd., (2) Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | PBL, STEAM, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Sekolah menengah atas (SMA) Ilmu Murni > Matematika Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 08:02 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 08:02 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16194 |
Actions (login required)
View Item |