Qutrinnida, Maya Safira (2022) Analisis kesalahan ejaan pada karangan narasi siswa kelas iv sd. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (255kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (211kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (152kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (201kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui kesalahan ejaan siswa kelas IV SD dalm karangan narasi yang dibuat. Dalam karangan narasi siswa masih ditemukan kesalahan ejaan. Penelitian ini berfokus pada kesalahan huruf kapital, kesalahan tanda baca dan kata berimbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesalahan ejaan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Rancangan penelitian ini menggunakan beberapa langkah yaitu, (1) observasi, (2) tahap perencanaan, (3) perumusan masalah penelitian (4) pelaksanaan penelitian (5) pengecekan kesalahan, (6) temuan. Pendekatan penelitian ini termasuk dalam penelitian kebahasaan dengan menganalisis ejaan karangan yang dibuat oleh siswa. Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yang meliputi pengumpulan data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) kesalahan pemakaian huruf kapital ada 27 kesalahan yaitu kesalahan penulisan pada awal kalimat, kesalahan penulisan pada nama orang dan judul karangan. (2) kesalahan pemakaian tanda baca titik di temukan ada 6 kesalahan, yaitu kesalahan pada akhir kalimat tidak diberikan tanda titik, (3) kesalahan penulisan kata berimbuhan ada 7 kesalahan, yaitu kesalahan penulisan kata berimbuhan awalan, dan kata berimbuhan awal dan akhiran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | (1)Mila Roysa,S.Pd.,M.Pd. (2) Muhammad Syaffruddin Kuryanto, S.Si.,M.Or. |
Kata Kunci: | Pemakaian Huruf,Penulisan Kata,Dan Tanda Baca |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 08:14 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 08:14 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16195 |
Actions (login required)
View Item |