Analisis kesalahan ejaan pada karangan narasi siswa kelas iv sd

Qutrinnida, Maya Safira (2022) Analisis kesalahan ejaan pada karangan narasi siswa kelas iv sd. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui kesalahan ejaan siswa kelas IV SD dalm karangan narasi yang dibuat. Dalam karangan narasi siswa masih ditemukan kesalahan ejaan. Penelitian ini berfokus pada kesalahan huruf kapital, kesalahan tanda baca dan kata berimbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesalahan ejaan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Rancangan penelitian ini menggunakan beberapa langkah yaitu, (1) observasi, (2) tahap perencanaan, (3) perumusan masalah penelitian (4) pelaksanaan penelitian (5) pengecekan kesalahan, (6) temuan. Pendekatan penelitian ini termasuk dalam penelitian kebahasaan dengan menganalisis ejaan karangan yang dibuat oleh siswa. Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yang meliputi pengumpulan data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) kesalahan pemakaian huruf kapital ada 27 kesalahan yaitu kesalahan penulisan pada awal kalimat, kesalahan penulisan pada nama orang dan judul karangan. (2) kesalahan pemakaian tanda baca titik di temukan ada 6 kesalahan, yaitu kesalahan pada akhir kalimat tidak diberikan tanda titik, (3) kesalahan penulisan kata berimbuhan ada 7 kesalahan, yaitu kesalahan penulisan kata berimbuhan awalan, dan kata berimbuhan awal dan akhiran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: (1)Mila Roysa,S.Pd.,M.Pd. (2) Muhammad Syaffruddin Kuryanto, S.Si.,M.Or.
Kata Kunci: Pemakaian Huruf,Penulisan Kata,Dan Tanda Baca
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Mar 2022 08:14
Last Modified: 28 Mar 2022 08:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16195

Actions (login required)

View Item View Item