ERVITA KIAS TANTI, ARIANA (2022) Student’s perception on the use of picture series to develop writing skill in sma negeri 1 karanganyar demak. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (322kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (591kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (731kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (259kB) | Request a copy |
|
Text (Bab VI)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (316kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (618kB) | Request a copy |
Abstrak
Menulis merupakan salah satu cara untuk mengembangkan pendapat, ide, atau pemikiran. Namun, ada beberapa masalah yang dihadapi oleh siswa ketika mereka mencoba untuk menguasai keterampilan ini. Gambar berseri dikenal sebagai salah satu media yang dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Penelitian ini mencoba mengungkap persepsi siswa tentang penggunaan gambar berseri untuk mengembangkan keterampilan menulis siswa. Berdasarkan pada latar belakang penelitian, tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu bagaimana persepsi siswa setelah penerapan gambar berseri untuk mengembangkan keterampilan menulis di SMA N 1 Karanganyar Demak. Dalam penelitan ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menentukan persepsi dalam penggunaan gambar berseri untuk mengembangkan keterampilan menulis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar. Peneliti mengambil satu kelas yang berisi (36 siswa) yang diberikan pembelajaran menggunakan gambar berseri sebagai datanya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Kuesioner berisi 6 indikator. Di antaranya adalah (1) ketertarikan kelas pada pembelajaran keterampilan menulis menggunakan gambar berseri, (2) persepsi siswa pada kegunaan gambar berseri, (3) persepsi siswa pada kesederhanaan gambar berseri, (4) persepsi siswa pada gambar berseri dan keterampilan menulis, (5) kelemahan pada keterampilan menulis menggunakan gambar berseri, dan (6) penggunaan gambar untuk mengembangkan kosakata. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa gambar berseri sangat efektif diterapkan sebagai media dalam mengembangkan keterampilan menulis sejak mereka mendapatkan persepsi positif dari siswa. Ini ditunjukkan dari rata-rata nilai mean yaitu 4.471 dimana nilai rata-rata ini berada di level tinggi. Nilai rata-rata tertinggi adalah 4.906 berasal dari indikator ke-tiga yaitu “persepsi siswa pada kesederhanaan gambar berseri”. Dan nilai rata-rata terendah yaitu 4.025 akan tetapi nilai ini masih berada di medium level yaitu “kelemahan pada keterampilan menulis menggunakan gambar berseri”. Ini berarti indikator persepsi siswa terhadap penggunaan gambar berseri untuk mengembangkan keterampilan menulis mendapat persepsi positif dari siswa dan ini ditafsirkan berada di level tertinggi. Sehingga, dapat dikatan bahwa gambar berseri sangat bagus dan menjadi media yang menarik untuk mengembangkan keterampilan menulis siswa di SMA N 1 Karanganyar Demak.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1. Dr. Rismiyanto, S.S, M.Pd 2. Dr. Ahdi Riyono, SS, M.Pd |
Kata Kunci: | Persepsi Siswa, Gambar Berseri, Keterampilan Menulis. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris Bahasa dan sastra > Sastra Inggris |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 08:25 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 08:25 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16196 |
Actions (login required)
View Item |