Penerapan konseling behavioristik teknik kontrak perilaku untuk mengatasi kecanduan sosial media instagram pada siswa smp n 3 juwana

Hartomo, Eko Puspito (2022) Penerapan konseling behavioristik teknik kontrak perilaku untuk mengatasi kecanduan sosial media instagram pada siswa smp n 3 juwana. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (965kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah sebagai berikut: 1. Mengetahui faktor penyebab kecanduan sosial media instagram pada siswa SMPN 3 Juwana, 2. Mendeskripsikan penerapan konseling behavioristik teknik kontrak perilaku untuk mengatasi kecanduan sosial media instagram pada siswa SMPN 3 Juwana. Kecanduan sosial media instagram adalah perasaan seseorang untuk memenuhi keinginan yang berlebihan yaitu untuk mengakses aplikasi instagram secara berlebihan hingga hilang kontrol dan merugikan dirinya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan konseling behavioristik. Konseling behavioristik adalah konseling yang akan digunakan peneliti untuk mengatasi permasalahan siswa yang kecanduan sosial media instagram. konseling ini berorientasi terhadap tingkah laku yang terlihat dan terjadi melalui proses dari belajar dan hasil lingkungan. Dan juga menggunakan teknik kontrak perilaku. Kontrak perilaku adalah teknik yang di terapkan berdasarkan adanya kesepakatan antara konselor dan konseli yang bertujuan untuk mengubah tingkah laku menjadi tingkah laku positif. Jenis penelitian pada penelitian yang dipilih peneliti adalah kualitatif dalam bentuk studi kasus. Subjek pada penelitian ada dua yaitu NS dan DA siswa yang mengalami kecanduan sosial media instagram kelas VIII SMPN 3 Juwana. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah: 1) Wawancara. 2) Observasi, 3) Dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisa induksi sistem bacon dimana peneliti akan mendapatkan data konkret dan lengkap hingga memperoleh kesimpulan. Dari hasil penelitian yang disimpulkan bahwa faktor yang menyebabkan kecanduan sosial media instagram adalah faktor eksternal atau faktor dari luar diri siswa yaitu kemudahan fasilitas yang didapatkan dan faktor internal atau faktor dari dalam diri yaitu sulitnya mengontrol diri. Sedangkan dampak dari kecanduan sosial media instagram antara lain gelisah saat berhenti mengakses instagram, kegiatan belajar terganggu, tugas sekolah terabaikan, over-sharing dan aktivitas sosial menurun. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti menerapkan konseling behavioristik teknik kontrak perilaku. Melalui konseling behavioristk teknik kontrak perilaku dapat menghasilkan perubahan tingkah laku konseli yaitu tidak gelisah lagi saat berhenti mengakses instagram, kegiatan belajar berjalan lancar, rajin mengerjakan tugas, sharing sewajarnya dan aktivitas sosial berjalan baik. Berdasarkan penjelasan tersebut peneliti menyimpulkan bahwa layanan konseling behavioristik teknik kontrak perilaku mampu mengatasi kecanduan sosial media instagram pada siswa SMPN 3 Juwana. Oleh karena itu peneliti berharap siswa tidak mengakses instagram yang berlebihan pada kehidupan sehari harinya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: (i) Indah Lestari, M.Pd., S.Pd., Kons., (ii) Dr. Santoso, M.Pd.
Kata Kunci: Konseling Behavioristik, Teknik Kontrak Perilaku, Kecanduan Sosial Media Instagram
Subjects: Geografi. Antropologi. Rekreasi > Perilaku dan kebiasaan umum
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Sekolah Menengah Pertama
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Mar 2022 02:46
Last Modified: 29 Mar 2022 02:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16203

Actions (login required)

View Item View Item