WAHYU WULANSARI, ANGGITA (2022) Analisis pengaruh minat baca siswa pada pembelajaran bahasa indonesia terhadap hasil belajar siswa kelas iv sd n 2 pringtulis. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
1. Hal. Judul.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
2. Bab I.pdf - Published Version Download (295kB) | Preview |
Text (Bab II)
3. Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (351kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
4. Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
5. Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (402kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
6. Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (66kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
7. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (68kB) | Preview |
Text (Lampiran)
8. Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (722kB) | Request a copy |
Abstrak
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang pesat di era sekarang berpengaruh terhadap minat baca anak. Anak lebih suka bermain game ataupun mengakses internet dengan gawai (telepon selular, netbook, laptop, dan sebagainya) miliknya. Anak usia sekolah dasar juga lebih suka bermain dengan teman-temannya ataupun jajan di kantin saat istirahat sekolah. Selain itu, tontonan televisi dan tempat-tempat hiburan yang makin beragam membuat minat anak teralih dari membaca buku menjadi menikmati hiburan yang telah tersedia. Kebanyakan anak-anak membaca buku saat ada tuntutan tugas atau ulangan dari sekolah. Terlebih lagi, faktor kondisi sosial ekonomi masyarakat juga berpengaruh terhadap minat baca individu. Bisa jadi seorang anak minat membacanya tinggi tapi tidak dibarengi dengan kemampuan untuk membeli buku bacaan atau kurangnya fasilitas yang menyediakan buku yang diminatinya, tentu akan memengaruhi minat baca anak tersebut. Minat membaca berkaitan erat sekali dengan prestasi belajar siswa. Korelasi positif menunjukkan minat membaca siswa yang tinggi menyebabkan prestasi belajar yang tinggi begitu pula sebaliknya. Minat membaca merupakan salah satu indikator keberhasilan belajar siswa di sekolah. Siswa yang gemar membaca atau hobi membaca buku akan memiliki wawasan pengetahuan yang luas, sehingga prestasinya meningkat. Hubungan minat membaca dengan prestasi belajar di dasarkan pada asumsi bahwa siswa yang rajin membaca, dalam hal ini memiliki wawasan yang luas maka secara otomatis akan berpengaruh terhadap prestasi belajarnya di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD N 2 Pringtulis Nalumsari Jepara dengan subjek penelitian 22 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa, sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini adalah minat baca siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan kuesioner. Analisis data yang diggunakan adalah analisis data kuantitatif dengan menggunakan bantuan program olahdata SPSS versi terbaru yaitu SPSS v.26.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1. Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd 2. Deka Setiawan, M.Pd |
Kata Kunci: | Minat Baca Siswa, Hasil Belajar Siswa, Bahasa Indonesia |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 29 Mar 2022 03:52 |
Last Modified: | 29 Mar 2022 03:52 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16209 |
Actions (login required)
View Item |