Analisis pengaruh minat baca siswa pada pembelajaran bahasa indonesia terhadap hasil belajar siswa kelas iv sd n 2 pringtulis

WAHYU WULANSARI, ANGGITA (2022) Analisis pengaruh minat baca siswa pada pembelajaran bahasa indonesia terhadap hasil belajar siswa kelas iv sd n 2 pringtulis. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
1. Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
2. Bab I.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
3. Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
4. Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
5. Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
6. Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
7. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
8. Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy

Abstrak

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang pesat di era sekarang berpengaruh terhadap minat baca anak. Anak lebih suka bermain game ataupun mengakses internet dengan gawai (telepon selular, netbook, laptop, dan sebagainya) miliknya. Anak usia sekolah dasar juga lebih suka bermain dengan teman-temannya ataupun jajan di kantin saat istirahat sekolah. Selain itu, tontonan televisi dan tempat-tempat hiburan yang makin beragam membuat minat anak teralih dari membaca buku menjadi menikmati hiburan yang telah tersedia. Kebanyakan anak-anak membaca buku saat ada tuntutan tugas atau ulangan dari sekolah. Terlebih lagi, faktor kondisi sosial ekonomi masyarakat juga berpengaruh terhadap minat baca individu. Bisa jadi seorang anak minat membacanya tinggi tapi tidak dibarengi dengan kemampuan untuk membeli buku bacaan atau kurangnya fasilitas yang menyediakan buku yang diminatinya, tentu akan memengaruhi minat baca anak tersebut. Minat membaca berkaitan erat sekali dengan prestasi belajar siswa. Korelasi positif menunjukkan minat membaca siswa yang tinggi menyebabkan prestasi belajar yang tinggi begitu pula sebaliknya. Minat membaca merupakan salah satu indikator keberhasilan belajar siswa di sekolah. Siswa yang gemar membaca atau hobi membaca buku akan memiliki wawasan pengetahuan yang luas, sehingga prestasinya meningkat. Hubungan minat membaca dengan prestasi belajar di dasarkan pada asumsi bahwa siswa yang rajin membaca, dalam hal ini memiliki wawasan yang luas maka secara otomatis akan berpengaruh terhadap prestasi belajarnya di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD N 2 Pringtulis Nalumsari Jepara dengan subjek penelitian 22 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa, sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini adalah minat baca siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan kuesioner. Analisis data yang diggunakan adalah analisis data kuantitatif dengan menggunakan bantuan program olahdata SPSS versi terbaru yaitu SPSS v.26.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd 2. Deka Setiawan, M.Pd
Kata Kunci: Minat Baca Siswa, Hasil Belajar Siswa, Bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Mar 2022 03:52
Last Modified: 29 Mar 2022 03:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16209

Actions (login required)

View Item View Item