PENERAPAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA DI KELAS III SDN 3 SOCO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2011/2012

RAHAYU , AYU (2013) PENERAPAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA DI KELAS III SDN 3 SOCO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (421kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (157kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (232kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (417kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (284kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (140kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (144kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Latar belakang penelitian ini berdasarkan hasil wawancara terhadap guru kelas SDN 3 Soco kelas III perlu diberikan layanan terutama untuk meningkatkan kemampuan bahasanya agar siswanya mampu mengembangkan bahasanya dengan baik karena di kelas III ini siswa akan menghadapi mata pelajaran yang lebih sulit dari kelas sebelumnya yaitu kelas 1 dan II. Permasalahan yang diteliti : Apakah Layanan penguasaan konten dapat meningkatkan kemampuan bahasa menggunakan metode bercerita pada siswa kelas III SDN 03 Soco Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012? Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mendeskripsikan kemampuan bahasa siswa sebelum dan sesudah diberi layanan penguasaan konten kelas IIISDN 03 Soco Dawe Kudus tahun pelajaran 2011/2012, Dapat menemukan seberapa besar peningkatan kemampuan bahasa siswa kelas IIISDN 03 Soco Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Kegunaan penelitian ini adalah : 1. Kegunaan teoritik,memberikan kontribusi teoritik khususnya untuk meningkatkan kemampuan bahasa melalui layanan penguasaan konten dengan menggunakan metode bercerita pada siswa kelas III. 2. Kegunaan praktis, 1. Bagi kepala sekolah,Sebagai bahan masukan berupa informasi ilmiah tentang pentingnya pelaksanaan pembelajaran menggunakan layanan penguasaan konten untuk meningkatkan kemampuan bahasa menggunakan metode bercerita.SDN 3 Soco Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012.2. Bagi guru kelas,dapat memperbaiki metode pembelajaran yang digunakan dan strategi pembelajaran yang diterapkan khususnya menerapkan layanan penguasaan konten. 3. Bagi siswa,siswa yang mengalami kesulitan dalam bahasa dapat diatasi dengan menerapkan layanan penguasaan konten,dan dapat meningkatkan kemampuan bahasa siswa.4. Bagi peneliti,Dapat menambah pengetahuan bagi peneliti bahwa layanan penguasaan konten dengan menggunakan metode bercerita sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa.Ruang Lingkup Penelitian, bahasan penelitian ini hanya mengungkap tentang layanan penguasaan konten dengan menggunakan metode bercerita yang dilakukan oleh peneliti kepada siswa kelas III SDN 3 Soco semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Hipotesis penelitian ini adalah: “Melalui layanan penguasaan konten dapat meningkatkan kemampuan bahasa menggunakan metode bercerita pada siswa kelas III SDN 03 Soco Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas III, sebanyak 22 siswa yang kemampuan bahasanya rendah berdasarkan wawancara dan observasi, Variabel penelitian: layanan penguasaan konten (variabel bebas) danmeningkatkan kemampuan bahasa menggunakan metode bercerita (variabel terikat).Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus dilakukan 3 pertemuan membahas 3 materi dengan alokasi waktu yang digunakan 45 menit. Berdasarkan hasil pembahasan dan Analisis sebelum dilakukan tindakan layanan penguasaan konten dengan kemampuan bahasa siswa rendah diperoleh 3 siswa dengan kategori baik dengan tingkatan skor 13-16, 6 siswa dengan kategori cukup dengan tingkatan skor 9-12, dan 13 siswa dengan kategori rendah dengan tingkatan skor 5-8.Setelah diberi layanan penguasaan konten kemampuan bahasa siswa meningkat dalam siklus I dengan hasil yang diperoleh3 siswa dengan kategori baik,13 siswa dengan kategori cukup dan 6 siswa dengan kategori rendah. Sedangkan pada siklus ke II kemampuan bahasa siswa meningkat memperoleh hasil 11 siswa dikategorikan baik dengan skor nilai antara 13-16 dan 11 siswa dengan kategori sangat baik dengan skor nilai antara 17-20. Hal ini menunjukan bahwa layanan penguasaan konten dapat meningkatkan kemampuan bahasa siswa menggunakan metode bercerita siswa kelas IIISD 3 Soco Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan layanan penguasaan konten dapat meningkatkan kemampuan bahasa menggunakan metode bercerita siswa kelas III SD 3 Soco Dawe Kudus.Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepada kepala sekolah Menambah sarana prasarana yang dapat menunjang prestasi belajar siswa sehingga prestasi siswa dapat meningkat, serta memotivasi guru agar lebih semangat dan disiplin saat mengajar dikelas.2. Kepada Guru Kelas, Guru kelas hendaknya menerapkan sentuhan high touch dan high tech karena sangat baik dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak merasa monoton belajar dalam kelas karena ada contoh-contoh pelajaran dari media elektronik. 3. Kepada siswa, agar siswanya mampu mengembangkan bahasanya dengan baik karena di kelas III ini siswa akan menghadapi mata pelajaran yang lebih sulit dari. Apabila cara berbicara anak ini lancar maka anak tidak akan mengalami kesulitan dalam pelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing (i) Drs. Masturi, MM, (ii) Dra. Hj. Sutarti, SE, MM.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Layanan Penguasaan Konten, Kemampuan Bahasa.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Ririn Mela Safitri
Tanggal Deposit: 24 Jul 2013 04:15
Last Modified: 24 Jul 2013 04:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1622

Actions (login required)

View Item View Item