UPAYA PENGEMBANGAN DIRI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT EKSTRAKURIKULER MARCHING BAND SISWA SMA NU AL MA’RUF KUDUS TAHUN 2012

ANURAGA, NOVA (2013) UPAYA PENGEMBANGAN DIRI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT EKSTRAKURIKULER MARCHING BAND SISWA SMA NU AL MA’RUF KUDUS TAHUN 2012. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (395Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (280Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (304Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (336Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (595Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (220Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (172Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (126Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (1667Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan yang ada di SMA NU Al Ma’ruf Kudus bahwa ada beberapa siswa yang minat dalam mengikuti ekstrakurikuler marching band kurang optimal dampak yang terjadi jika minat atau motivasi para siswa yang mengikuti ekstrakurikuler marching band menurun adalah pengembangan diri siswa dalam bidang ekstrakurikuler tersebut menjadi kurang optimal. Hal demikian tentu akan mempengaruhi hasil dari tujuan dan manfaat dalam mengikuti ekstrakurikuler marching band serta hasil pencapaian pengembangan diri siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler tersebut, yaitu dalam bidang kedisiplinan, keterampilan bermain alat musik, kerja sama, konsentrasi, dan kreativitas serta kepemimpinan. Permasalahan yang akan diteliti: Apakah kegiatan ekstrakurikuler marching band dapat dijadikan sarana pengembangan diri dalam upaya mengoptimalkan minat siswa SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun 2012”? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan bidang pengembangan diri yang dimiliki siswa dalam megikuti ekstrakurikuler marching band pada saat sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan konseling dalam upaya mengoptimalkan minat siswa di SMA NU Al Ma’ruf Kudus tahun 2012. 2) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan bidang pengembangan diri siswa dalam megikuti ekstrakurikuler marching band yang dilakukan peneliti melalui layanan bimbingan konseling dalam upaya mengoptimalkan minat siswa di SMA NU Al Ma’ruf Kudus tahun 2012. Keguanaan Penelitian ini adalah: 1) Kegunaan teoritik: dapat memberikan kontribusi dalam memperluas dan memperdalam ilmu pengetahuan tentang layanan bimbingan dan konseling sebagai bahan referensi untuk penelitian pengembangan diri siswa yang mengikuti ekstrakurikuler marching band dalam mengoptimalkan minat siswa. 2) keguanaan Praktis: 1) Kepala sekolah, sebagai media promosi yang efektif dan meningkatkan citra/image dan nama baik sekolah melaui kegiatan ekstrakurikuler marching band. 2) Bagi konselor, Sebagai bahan acuan untuk melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan sungguh-sungguh, dan mengetahui betapa pentingnya pengembangan diri bagi siswa untuk mengoptimalisasikan minat. 3) Bagi siswa, Sebagai masukan bahwa. prestasi yang diperoleh dari kegiatan marching band ini dapat digunakan untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah atau universitas favorit melalui jalur prestasi. Subyek yang diteliti dalam peneliatian ini adalah siswa yang tergabung dalam tim marching band di SMA NU Al Ma’ruf Kudus, sebanyak 8 siswa yang mempunyai minat dalam mengikuti ekstrakurikuler marching band dalam kategori rendah berdasarkan hasil wawancra dan observasi. Variable penelitian: pengembangan diri melalui ekstrakurikuler marching band ( Variable bebas) dan mengoptimalkan minat siswa (Variabel terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 4 pertemuan membahas 8 materi dengan alokasi waktu 45 menit x 2 jam pelajarn. Berdasarkan hasil observasi sebelum dan sesudah tindakan bimbingan kelompok minat siswa dalam mengembangkan diri melalui ekstrakurikuler marching band rendah dan masuk dalam kategori kurang dengan skor rata-rata 8,9. Setelah diberilayanan bimbingan kelompok pada siklus I, minat siswa dalam megembangkan diri melalui ekstrakurikuler marching band meningkat menjadi kategori cukup dengan sekor rata-rata 16,5. Sedangkan pada siklus II minat siswa dalam mengembangkan diri melalui ekstrakurikuler marching band terus meningkat menjadi kategori sangat baik dengan perolehan sekor rata-rata 26,5. Hal demikian menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat mengoptimalkan minat siswa dalam mengembangkan diri melalui ekstrakurikuler marching band di SMA NU Al Ma’ruf Kudus. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan layanan bimbimngan kelompok dapat meningkatkan minat siswa dalam pengembangan diri melalui ekstrakurikuler marching band di SMA NU Al Ma’ruf Kudus. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterimaq karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada 1. Kepala sekolah, diharapkan dapat memberikan sarana dan perhatian yang lebih demi menunjang kegiatan ekstrakurikuler marching band di SMA NU Al Maruf Kudus. 2. Konselor, diharapkan dapat membantu siswa dalam menghadapi masalah-masalah yang dihadapi serta dapat membantu dalam mengembangkan diri siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler marching band. 3. Pembina ekstrakurikuler marching band, dapat memonitoring keaktifan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler marching band dan selalui berkoordinasi dengan koordinator dan pelatih marching band . 4. Koordinator ekstrakurikuler marching band, mampu memotivasi para siswa yang tergabung dalam tim marching band SMA NU Al Maruf Kudus. 5. Pelatih ekstrakurikuler marching band, dapat menjalin kerjasama dan kedekatan dengan siswa yang tergabung dalam tim marching band SMA NU Al Maruf Kudus serta memberi metode latihan lebih variatif. 6. Wali kelas, hendaknya menjalin kedekatan dengan siswa sehingga dapat mengetahui sedini mungkin permasalan yang dihadapi oleh siswa.7. diharapkan dapat mengembangkan diri dalam bidang tersebut sehingga minat dalam mengikuti ekstrakurikuler marching band, dapat optimal

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: , Dosen Pembimbing I Drs. Sucipto, M.Pd. Kons, Dosen Pembimbing II Drs. Masturi, MM
                    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan Diri, Ekstrakurikuler, Minat.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Ririn Mela Safitri
                    Tanggal Deposit: 24 Jul 2013 11:34
                    Last Modified: 24 Jul 2013 11:34
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1625

                    Actions (login required)

                    View Item