Pengaruh model problem based learning dan model project based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas iv sekolah dasar pati

IRWANTO, IRWANTO (2021) Pengaruh model problem based learning dan model project based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas iv sekolah dasar pati. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (704kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (762kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (916kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) menganalisis perbedaan rata-rata antara model problem based learning dengan model pembelajaran langsung kelas IV sekolah dasar di Gugus Teuku Umar Jaken Pati, 2) menganalisis perbedaan rata-rata antara model project based learning dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika kelas IV sekolah dasar di Gugus Teuku Umar Jaken Pati, 3) menganalisis perbedaan rata-rata antara model problem based learning dengan model project based learning terhadap hasil belajar matematika kelas IV sekolah dasar di Gugus Teuku Umar Jaken Pati tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Model eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Analisis instrumen yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat yang menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas dan uji hipotesis yaitu menggunakan uji t. Hasil penelitian ini adalah 1) model problem based learning lebih baik daripada model pembelajaran langsung pada hasil belajar matematika kelas IV sekolah dasar Pati, 2) model project based leaning lebih baik daripada model pembelajaran langsung pada hasil belajar matematika kelas IV sekolah dasar Pati, dan 3) model problem based learning lebih baik daripada model project based learning pada hasil belajar matematika. Perencanaan pembelajaran yang tepat harus disesuaikan dengan karakter siswa, lingkungan belajar, dan sarana dan prasarana yang ada di sekolah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Drs. Achmad Hilal Madjdi, M.Pd 2. Dr. Santoso, M.Pd
Kata Kunci: Problem Based Learning, Project Based Learning, dan Hasil Belajar
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi > Matematika ekonomi. metode kuantitatif termasuk ekoometrika, analisa input-output, dan teori permainan
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Magister Manajemen (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 31 Mar 2022 05:10
Last Modified: 31 Mar 2022 05:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16259

Actions (login required)

View Item View Item