UPAYA PENANGANAN KESULITAN BELAJAR SOAL CERITA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 GONDANGMANIS BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

FEBRIANIKA YUNIARTI, DIAN (2013) UPAYA PENANGANAN KESULITAN BELAJAR SOAL CERITA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 GONDANGMANIS BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (494Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (181Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (233Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (336Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (425Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (192Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (99Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (99Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (451Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Matematika adalah pelajaran yang sangat sulit dan menjenuhkan. Dari hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN 4 Gondangmanis Bae Kudus, pelajaran matematika sangat diutamakan dengan memberikan jam pelajaran yang lebih banyak bila dibandingkan dengan pelajaran yang lainnya. Namun dengan jam pelajaran yang banyak tersebut siswa menjadi bosan dan jenuh sehingga nilai yang didapat peserta didik masih dibawah KKM yang telah ditentukan. Siswa kelas IV SD N 4 Gondangmanis Bae Kudus sebanyak 22 siswa. Dari 22 siswa yang mengerjakan soal cerita pada ulangan harian hanya 8 siswa yang dapat mengerjakan soal dengan benar. Dari beberapa permasalahan diatas, penulis berupaya untuk mengatasinya dengan melaksanakan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) dengan memberikan layanan penguasaan konten. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah: Apakah melalui layanan penguasaan konten dapat mengatasi kesulitan belajar soal cerita pelajaran matematika siswa kelas IV SDN 4 Gondangmanis Bae KudusTahunPelajaran 2012 / 2013?. Tujuan penelitian ini yaitu Mendeskripsikan kesulitan belajar soal cerita matematika sebelum dan sesudah diberi layanan penguasaan konten dan menentukan seberapa besar peningkatan tentang pemahaman siswa terhadap soal cerita matematika setelah diberi layanan penguasaan konten. Kegunaan penelitian: 1. Kegunaan Teoritis: Hasil penelitian ini diharapkan dapat melengkapi referensi yang ada sehingga dapat memberikan manfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang bimbingan dan konseling. 2. Kegunaan Praktis: a. Bagi Guru: Sebagai acuan guru dalam mengatasai kesulitan belajar soal cerita melalui layanan penguasaan konten. b. Bagi Siswa: Meningkatkan daya serap siswa terhadap pelajaran matematika. Penelitian ini mengungkap tentang layanan penguasaan konten dalam mengurangi kesulitan belajar matematika maka pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK). Penelitian ini menggunakan desain yang bersifat refleksi dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri atas empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian dalam PTBK ini menunjuk pada teknik dan hal yang terkait dalam pengumpulan data selama proses kegiatan belajar mengajar berlangsung. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi dan wawancara. Analisis data: Reduksi data, paparan data, Penyimpulan. Layanan penguasaan konten dilaksanakan melalui PTBK dan dilakukan dalam 2 siklus. Aspek yang diobservasi adalah high-touch dan high-tech. 1.high-touch siklus 1 mendapat prosentase 45,23%(K) siklus 2 mendapatkan prosentase 67,61% (B). Sehingga terjadi peningakatan sebesar 22,38%. 2. High-tech siklus 1 mendapat prosentase 40%(K)dan siklus 2 mendapat prosentase 67.50%(B). Sehingga terjadi peningkatan 27.5%. 3. Aktivitas siswa pada siklus 1 masih ada 4 siswa yang masuk dalam kategori kurang dan siklus 2 tidak ada siswa yang masuk dalam kategori kurang melainkan masuk pada kategori cukup terdapat 13 siswa dan kategori baik 9 siswa. 4. Hasil postes siklus 1 siswa yang tuntas 10 siswa dan siklus 2 siswa yang tuntas 18 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan layanan penguasaan konten dapat membantu dalam mengatasi kesulitan belajar soal cerita pelajaran matematika siswa kelas IV SD N 4 Gondangmanis Bae Kudus . Sehingga kemampuan siswa dalam memahami soal cerita pelajaran matematika meningkat. Hal ini terbukti dengan meningkatnya siswa dalam mengerjakan tes yang diberikan peneliti setelah layanan penguasaan konten berlangsung. Pada siklus 1 siswa yang tuntas terdapat 10 siswa dan siklus 2 siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa. Saran: 1. Kepada Kepala sekolah hendaknya meningkatkan layanan bimbingan dan konseling terutama layanan penguasaan konten untuk mengurangi tingkat kesulitan belajar matematika, sehingga prestasi siswa meningkat. 2. Kepada Guru Kelas IV diharapkan agar guru kelas dapat mencontoh peneliti dalam memberikan layanan bimbingan konseling terutama layanan penguasaan konten.3.Kepada Siswa diharapkan siswa menyadari kewajiban dan tanggung jawabnya sehingga kegiatan layanan penguasaan konten yang diperoleh dalam mata pelajaran matematika dapat mengurangi tingkat kesulitan belajar.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: DosenPembimbing: 1. Drs. Masturi, MM 2. Drs. Arista Kiswantoro
                    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kesulitan Belajar Soal Cerita Matematika, Layanan Penguasaan Konten
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Ririn Mela Safitri
                    Tanggal Deposit: 24 Jul 2013 11:47
                    Last Modified: 24 Jul 2013 11:47
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1627

                    Actions (login required)

                    View Item